Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Jitu Menghilangkan Kantuk saat Berkendara Motor

Kompas.com - 27/06/2020, 10:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comMengendarai sepeda motor dengan kondisi jalan yang macet ataupun jauh tentunya menguras tenaga. Terkadang ketika masih di jalan, rasa kantuk sering datang karena kelelahan.

Namun, jika dipaksakan tetap berkendara dalam keadaan mengantuk, tentunya bisa berbahaya bagi diri sendiri ataupun orang lain. Lalu bagaimana cara mengatasi ketika rasa kantuk datang saat berkendara?

Head of Safety Riding promotion Wahana, Agus Sani mengatakan, awal penyebab mengantuk itu karena kelelahan dan kurang oksigen di kepala. Kurangnya oksigen di kepala disebabkan aliran darah yang tidak lancar.

Baca juga: Plus Minus Duduk di Atas dan Bawah Saat Naik Bus Tingkat

Pemanasan sebelum berkendaraotojurnalisme.com Pemanasan sebelum berkendara

“Cara untuk menghilangkan kantuk yaitu dengan istirahat dan minum air mineral. Kemudian bisa lakukan olah tubuh (pemanasan),” kata Agus kepada Kompas.com, Jumat (26/6/2020).

Pemanasan yang dilakukan bisa dengan melakukan peregangan ringan pada bagian-bagian lutut, tangan, dan bahu agar aliran darah kembali lancar. Peregangan ini cukup dilakukan kurang lebih lima menit sampai tubuh terasa fit.

Baca juga: Kabar Terbaru Toyota Corolla Cross, Prediksi Harga Mulai Rp 400 Jutaan

“Jangan lupa untuk membuka helm agar lebih enak peregangannya. Untuk mencegah ngantuk saat berkendara yaitu melakukan pemanasan sebelum riding dan cukup istirahat,” ucap Agus.

Perlu diingat, menghilangkan kantuk saat berkendara tidak bisa diobati dengan mendengarkan lagu. Mendengarkan lagu ketika berkendara malah membuat pengendara tidak fokus dan waspada dengan suara-suara yang ada di sekitarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com