Cara Jitu Menghilangkan Kantuk saat Berkendara Motor

Kompas.com - 27/06/2020, 10:42 WIB
Ilustrasi kecelakaan motor gas2.orgIlustrasi kecelakaan motor

JAKARTA, KOMPAS.comMengendarai sepeda motor dengan kondisi jalan yang macet ataupun jauh tentunya menguras tenaga. Terkadang ketika masih di jalan, rasa kantuk sering datang karena kelelahan.

Namun, jika dipaksakan tetap berkendara dalam keadaan mengantuk, tentunya bisa berbahaya bagi diri sendiri ataupun orang lain. Lalu bagaimana cara mengatasi ketika rasa kantuk datang saat berkendara?

Head of Safety Riding promotion Wahana, Agus Sani mengatakan, awal penyebab mengantuk itu karena kelelahan dan kurang oksigen di kepala. Kurangnya oksigen di kepala disebabkan aliran darah yang tidak lancar.

Baca juga: Plus Minus Duduk di Atas dan Bawah Saat Naik Bus Tingkat

Pemanasan sebelum berkendaraotojurnalisme.com Pemanasan sebelum berkendara

“Cara untuk menghilangkan kantuk yaitu dengan istirahat dan minum air mineral. Kemudian bisa lakukan olah tubuh ( pemanasan),” kata Agus kepada Kompas.com, Jumat (26/6/2020).

Pemanasan yang dilakukan bisa dengan melakukan peregangan ringan pada bagian-bagian lutut, tangan, dan bahu agar aliran darah kembali lancar. Peregangan ini cukup dilakukan kurang lebih lima menit sampai tubuh terasa fit.

Baca juga: Kabar Terbaru Toyota Corolla Cross, Prediksi Harga Mulai Rp 400 Jutaan

“Jangan lupa untuk membuka helm agar lebih enak peregangannya. Untuk mencegah ngantuk saat berkendara yaitu melakukan pemanasan sebelum riding dan cukup istirahat,” ucap Agus.

Perlu diingat, menghilangkan kantuk saat berkendara tidak bisa diobati dengan mendengarkan lagu. Mendengarkan lagu ketika berkendara malah membuat pengendara tidak fokus dan waspada dengan suara-suara yang ada di sekitarnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X