Ingin Jual Mobil, Simak Ini Agar Harganya Terjaga

Kompas.com - 25/06/2020, 18:07 WIB
Ilustrasi jual beli mobil SHUTTERSTOCKIlustrasi jual beli mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi pandemi Covid-19 yang belum berakhir memberikan dampak ekonomi bagi hampir seluruh masyarakat.

Tidak sedikit dari mereka yang memutuskan untuk menjual kendaraan pribadinya demi mendapatkan tambahan uang.

Jika berniat melakukan hal tersebut, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan selama masa kepemilikan kendaraan.

Ini perlu diketahui, agar nilai kendaraan tidak anjlok saat akan dijual maupun tukar tambah.

Baca juga: Dampak Buruk Membiarkan Kiprok Sepeda Motor Rusak

1. Kondisi fisik mobil

Usahakan mobil yang akan dijual bebas dari baret, bekas tabrakan, dan dalam kondisi standar. Sebab, tampilan yang tidak karuan sangat mungkin akan menurunkan harga jual.

“Pembeli mobil bekas, pasti akan memilih mobil dengan kondisi yang baik. Jika kondisi luarnya saja sudah tidak karuan bagaimana keadaan mesinnya? Karena tampilan yang bersih dan mulus mencerminkan kondisi mekanikal yang sehat,” ujar Andri salah satu pemilik usaha mobil bekas di MGK Kemayoran.

Beragam pilihan mobil dari berbagai tahun tersedia di bursa mobil bekasKompas.com/Dio Beragam pilihan mobil dari berbagai tahun tersedia di bursa mobil bekas

2. Usia kendaraan

Harga bekas setelah lima tahun biasanya akan menurun lebih tajam. Pasalnya, ada pertimbangan usia komponen dalam membeli mobil bekas.

“Mobil yang usia sudah lebih dari lima tahun perawatannya cukup berat. Biasanya akan menghabiskan dana lebih banyak untuk servis keseluruhan. Maka dari itu jarang orang yang memilih mobil bekas dengan usia kendaraannya sudah lebih dari lima tahun,” ujar Herjanto Kosasih, Manager Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua.

Baca juga: Oli Gardan Jangan Lupa Diperhatikan, Ketahui Waktu Ideal Menggantinya

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X