Mengenal Fitur Unik pada Busi Skutik Bongsor

Kompas.com - 19/06/2020, 10:22 WIB
Busi yang digunakan untuk Honda Forza dan Yamaha XMAX NGKBusi yang digunakan untuk Honda Forza dan Yamaha XMAX
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski kecil, namun peran busi untuk pengapian pada sepeda motor sangat krusial. Karena itu, pemilik kendaraan wajib untuk mengerti fungsi serta tak mengabaikan kondisinya.

Namun lebih dari itu, yang banyak orang belum paham ternyata setiap busi memiliki fitur yang berbeda-beda, terutama untuk jajaran skutik bongsor yang banyak beredar di pasaran saat ini.

Menurut Technical Support PT NGK Indonesia Diko Octaviano, tiap fitur yang dimiliki pada busi skutik bongsor, seperti Honda Forza, Honda ADV, Honda PCX, dan Yamaha Xmax, memiliki fitur yang didesain khusus dengan spesifikasi yang berbeda-beda.

Baca juga: Awas Rusak, Begini Cara Kencangkan Busi Sepeda Motor

"Fitur tersebut diciptakan karena untuk mendukung kebutuhan tiap mesin dan kendaraan yang terkadang berbeda-beda, tergantung dengan keinginan masing-masing pabrikan, terutama di masa sekarang yang banyak terjadi perubahan tren," ucap Diko pada keterangan resminya, Kamis (18/6/2020).

Honda ForzaKompas.com/Donny Honda Forza

Menurut Diko, adanya perubahan tren pengguna motor bebek ke skutik mendorong terjadinya inovasi dan pengembangan mesin motor yang diikuti dengan evolusi fitur busi.

Contoh seperti busi yang digunakan Yamaha XMAX dan Honda Forza dengan kode NGK LMAR8A-9 dan laser iridium LMAR8BI-9. Menurut Diko, secara keunggulan kedua busi tersebut sudah dilengkapi fitur untuk menunjang karakteristik mesinnya.

Baca juga: Rumors Yamaha Mau Meluncurkan XSR250 Makin Santer

"Kedua busi itu berbeda dari busi motor pada umumnya karena sudah dilengkapi dengan fitur Long Reach berupa penggunaan ulir busi dengan panjang 26.5 mm," kata Diko.

Ilustrasi busi dengan fitru long reachNGK Ilustrasi busi dengan fitru long reach

Fitur panjang berupa ulir tersebut diciptakan untuk memberikan empat keunggulan. Pertama meningkatkan efisiensi sistem pendinginan yang lebih besar agar menaikkan kemampuan kompresi, setelah itu ruang bakar dan sudut katup yang lebih kecil berguna menghasilkan efisiensi yang tinggi.

Fungsi ketika adalah sebagai jalur pendinginan yang lebih lebar untuk mencegah knocking. Sementara yang terakhir, lubang busi yang lebih kecil memberikan efek desain mesin lebih fleksibel.

Baca juga: Lepas Baju, Honda CBR150R Bergaya Scrambler

Selain Yamaha Xmax dan Honda Forza, busi lain yang memiliki fitur khusus adalah Honda ADV dan PCX. Kedua matik bongsor tersebut hadir menggunakan busi NGK MR8K-9 yang dibekali dengan penggunaan fitur dan material baru pada elektroda pusat.

Yamaha XMAXStanly/KompasOtomotif Yamaha XMAX

"Dengan demikian, busi tersebut memiliki sifat anti-spark erosion dan anti-oxidation sehingga busi dapat memberikan performa pengapian yang optimal dengan masa pakai yang relatif lebih panjang," ucap Diko.

Artinya, kata Diko, pengguna motor tidak bisa sembarang memilih dan menggunakan busi untuk skutik kesayangannya.

Sangat penting untuk menggunakan part number busi yang sesuai dengan kendaraan agar performa dan efesiensinya benar-benar terjaga.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X