Kompas.com - 15/06/2020, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Bepergian antar kota bisa dilakukan dengan mengemudi mobil pribadi. Ketika menempuh perjalanan, harus dilakukan secara bertahap dengan interval waktu istirahat yang cukup, supaya konsentrasi terjaga dan selalu aman di jalan.

Setidaknya tubuh pengemudi butuh istirahat ketika sudah melalui maksimal empat jam berkendara.

Jika pengemudi kelelahan dan tetap memaksa menyetir, bisa menyebabkan kecelakaan yang membahayakan pengguna jalan lain. Istirahat saat mengemudi juga sebenarnya tidak perlu berlama-lama.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana mengatakan, istirahat ketika dalam perjalanan cukup 15 menit sampai 30 menit saja.

Baca juga: Rossi Satu Tim dengan Morbidelli di Petronas Yamaha

ilustrasi lelah mengemudiKompas.com/Fathan Radityasani ilustrasi lelah mengemudi

“Ketika istirahat, yang penting efektif mengembalikan kondisi fisik seperti peregangan, minum dan buang air kecil, serta refreshing. Selain itu lebih baik jangan tidur kalau berencana beristirahat di bawah 30 menit,” ucap Sony kepada Kompas.com, Minggu (14/6/2020).

Sony mengatakan, tidur di bawah 30 menit kurang lama, badan pengemudi bisa jadi lemas, feeling mengemudinya jadi berkurang. Jika memilih untuk tidur, bisa istirahat dalam waktu 40 menit sampai satu jam.

Baca juga: Program Pembuatan SIM Gratis Berlangsung 1 Juli 2020

“Jika memilih tidur, ada trik agar ketika bangun bisa lebih segar, yaitu minum kopi sebelum tidur. Jadi ketika bangun tidur ditambah efek dari kopi, bisa lebih segar untuk kembali mengemudi,” kata Sony.

Sony menjelaskan, efek kopi biasanya butuh waktu lebih lama kepada tubuh karena pengaruh kafein. Namun, banyak pengemudi yang salah menyangka kalau efek kopi itu instan, langsung merasa segar setelah meminumnya.

Sugesti positif ini bisa membuat tubuh jadi lebih prima ketika melanjutkan perjalanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.