Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Melepas Stiker yang Benar di Bodi Motor

Kompas.com - 07/06/2020, 10:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak jarang pemilik sepeda motor ingin melepas stiker bawaan pabrik agar motor tampil lebih simpel.

Tak jarang juga yang justru menempelkan stiker atau decal untuk mempercantik tampilan. Walau kemudian tak sedikit lantaran suatu hal kemudian bosan dan ingin melepas stiker tersebut.

Baca juga: Pantai Mutiara Banjir, Ketahui Batas Aman Motor Melintas Genangan

Meski terlihat remeh nyatanya melepas stiker kadang tak semudah itu. Material stiker yang jelek membuat prosesnya jadi sulit, atau sebaliknya stiker yang bagus membuat sulit dilepas dan menyisakan lem.

Honda PCX 150 menggunakan decal di seluruh body-nya.Donnyantoro Honda PCX 150 menggunakan decal di seluruh body-nya.

Reynalto Priyanto, pemilik Rey Decal, menyarankan, jika ingin melepas stiker atau decal mana sebaiknya saat melepas lakukan dengan perlahan-lahan dan jangan berhenti.

"Usahakan untuk melakukannya dengan sekali tarikan. Kalau ada sisa bisa dibersihkan pakai bensin," kata Rey kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Menakar Usia Decal Seharusnya Menempel di Motor

Penarikan stiker terutama yang berukuran besar seperti decal cukup penting. Sebab dengan sekali tarikan tidak meninggalkan bekas lem, atau yang paling dihindari yaitu sisa-sisa stiker yang sulit "dikelet."

Rey mengatakan, jika sisa-sisa stikernya keras, sebaiknya gunakan sticker remover yang banyak dijual di pasaran. Untuk mendapatkan sticker remover juga bisa dicari di toko-toko bangunan.

"Setelah stiker dilepas semua, lanjutkan dengan mencuci kendaraannya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com