Ketahui Akses Darurat di Bus demi Antisipasi Terjebak Saat Kecelakaan

Kompas.com - 06/06/2020, 10:42 WIB
Pintu darurat bus Werry YuliantoPintu darurat bus

JAKARTA, KOMPAS.comBus merupakan moda transportasi darat dengan kapasitas penumpang yang banyak. Ketika dalam kondisi darurat, seperti terlibat dalam kecelakaan, kendaraan umum memang wajib dilengkapi akses darurat.

Akses darurat dibuat agar penumpang bisa keluar dengan aman dan mudah, bagaimanapun kondisi bus. Penumpang yang naik bus juga seharusnya sudah mengetahui apa saja akses darurat yang ada di bus.

Werry Yulianto, Export Manager Karoseri Laksana, mengatakan, ada beberapa akses darurat yang ada di bus, salah satunya pintu yang ada di sisi kanan bus bagian belakang.

Baca juga: Kenapa Justru Pengemudi Berpengalaman Kerap Terlibat Kecelakaan Fatal?

pintu darurat busbus pariwisata pintu darurat bus

“Cara kerja pintu darurat sama saja dengan pintu biasa, ada tuas untuk membukanya yang ditutupi cover. Cover-nya hanya sekali pakai, jadi harus diganti setelah digunakan,” kata Werry kepada Kompas.com belum lama ini.

Selain pintu darurat di belakang, ada juga akses darurat lain, yaitu melewati jendela atau atap bus. Setiap bus harus memiliki alat pemecah kaca agar lebih mudah membuka akses keluar di saat darurat. Sedangkan akses lewat atap berbentuk jendela kecil yang bisa dibuka dari dalam.

Baca juga: Partisi Pembatas buat Ojol Masih Tahap Uji Coba

“Posisi jendela kecil yang ada di atap biasanya ada di bagian depan dan belakang. Membukanya dengan kenop yang ada di bawahnya,” ucap Werry.

Jadi ketika terjebak pada kecelakaan bus, penumpang tidak perlu panik mencari jalan keluar. Akses darurat yang ada yaitu pintu darurat di bagian kanan belakang, jendela kecil di atap, dan memecahkan kaca bus dengan alat pemecah kaca.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X