Kompas.com - 04/06/2020, 12:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comModifikasi mesin memang bisa dilakukan oleh pemilik dari kendaraan. Busi biasanya menjadi suku cadang yang bisa diganti, mengharapkan adanya peningkatan performa motor.

Logika berpikirnya, dengan busi racing, maka pengapian akan lebih besar, artinya mesin bakal lebih galak. Sayang teori ini sama sekali tidak benar, alias hoax!

Bukan berarti memasang busi balap pada motor harian akan menimbulkan performa yang baik untuk kendaraan. Melainkan pemilik malah bisa rugi alias mubazir.

Diko Oktaviano, Technical Support NGK Busi Indonesia, mengatakan, menggunakan busi balap untuk harian tidak ada gunanya pada performa motor.

Baca juga: Nissan Tutup Pabrik di Indonesia, Diskon Terra Tembus Rp 110 Juta

Busi NGK buat PCXdok.NGK Busi NGK buat PCX

“Memasang busi balap spesifikasinya harus disesuaikan dengan mesin. Kalau mesin tidak sesuai spesifikasi, cenderung tidak ada efek yang berarti,” kata Diko kepada Kompas.com, Rabu (3/6/2020).

Selain itu, akan membuang uang jika memakai busi balap untuk harian karena harganya yang lebih mahal namun tidak ada efeknya. Kalau mau memakai busi balap, setidaknya pemilik sudah memodifikasi mesin motor agar kemampuannya meningkat sesuai spesifikasi.

“Perumpamaannya begini, busi balap akan bekerja optimal pada suhu yang tinggi. Sedangkan pada kondisi harian, suhu mesin tidak mencapai suhu tersebut, jadi hasilnya kurang optimal,” ucap Diko.

Baca juga: Cek Harga Nmax dan PCX Setelah Lebaran

Kalau ingin performa motor harian yang lebih baik, bisa dengan melakukan upgrade pada businya. Namun harus disesuaikan juga dengan nomer suku cadangnya agar tidak terjadi masalah pada performanya.

Upgrade busi juga bisa meningkatkan performa, kalau daya tahannya, tergantung dengan kondisi mesin. Enggak ada yang bisa jamin sewaktu ganti busi, kondisi mesinnya bagus,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.