Toyota Mulai Pasarkan Hot Hatch GR Yaris di Jepang

Kompas.com - 04/06/2020, 08:22 WIB
Toyota GR Yaris global.toyotaToyota GR Yaris
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah diperkenalkan dalam ajang Tokyo Auto Salon, Januari 2020 lalu, kini Toyota Motor Corporation (TMC) resmi mengumumkan siap memasarkan GR Yaris di Jepang.

Melansir dari Global Toyota, hot hatchbak ( hot hatch) yang mengusung kebesaran nama Toyota Gazoo Racing World Rally Team ini, hadir dengan tampilan yang agresif layaknya mobil balap reli. Sebagai alternatif konsumen akan diberikan tiga varian, yakni GR Yaris RZ, RS, dan RC.

Seperti diketahui, GR Yaris memiliki desain sporty yang sangat kental. Bukan saja karena dirancang oleh divisi Gazoo Racing, namun karena Toyota menawarkan hot hatchb ini dengan konsep tiga pintu.

Baca juga: Toyota Fortuner Terbaru Bakal Meluncur Besok, Simak Bocorannya

Toyota GR Yarisglobal.toyota Toyota GR Yaris

Tidak hanya desain yang sporty, dari segi material, Toyota mengklaim GR Yaris berbeda dengan model reguler. Bahan alumunium disematkan untuk kap mesin, pintu belakang, dan panel-panel pintu.

Sementara bagian atas dibungkus plastik yang kemudian diperkuat dengan serat karbon yang dirancang melalui metode compound moulding.

Alasan pemilihan material yang berbeda tentu saja untuk mereduksi bobotnya dan mendukung kinerja aerodinamis. Dengan demikian bisa memberikan kontribusi pada urusan performa saat sedang dipacu berakselerasi.

Toyota GR Yarisglobal.toyota Toyota GR Yaris

Lahir dari divisi khusus performa, maka urusan kaki-kaki pun ikut dibenahi untuk memberikan kenyamanan dan stablitas. GR Yaris hadir menggunakan suspensi model strut pada bagian depan dan double wishbone di sektor belakang, tentu saja dengan racikan yang berbeda.

Baca juga: Lexus Siapkan SUV Kecil dari Basis Yaris Cross, Dijual Rp 400 Jutaan

Perbedaan antar variannya, paling signifikai ditunjukan dari sektor mesin. Untuk RZ dan RC mengusung mesin 1.600 cc turbo dengan tenaga 268 tk dan torsi 370 Nm.

Keduanya hanya tersedia dalam pilihan transmisi manual enam percepatan. Selain itu fitur 4WD sistem juga sudah menjadi perangkat bawaan yang ditambah dengan pelek Forged BBS alumunium dan ban Michelin Pilot Sport 42 khusus untuk RZ.

Toyota GR Yarisglobal.toyota Toyota GR Yaris

Sementara untuk varian RS, hadir dengan mesin tiga silinder Dynamic Force berkubikasi 1.500 cc dan sistem transmisi Direct Shift-CVT dan memiliki tenaga sebesar 118 tk dan torsi 145 Nm. Varian ini disediakan khusus hanya untuk pasar domestik Jepang.

Meski sudah mengumumkan secara resmi, namun pihak pabrikan belum memberikan informasi secara detail mengenai banderol harga GR Yaris tersebut.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X