Razia SIKM Masih Lanjut Meski Puncak Arus Balik Sudah Berakhir

Kompas.com - 30/05/2020, 07:22 WIB
Petugas gabungan memeriksa kendaraan di gerbang tol Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (28/5/2020). Selama operasi pemeriksaan kepada masyarakat dari luar Jabodetabek yang ingin masuk ke Jakarta diharuskan menunjukkan SIKM, berdasarkan peraturan gubernur (Pergub) Nomor 47 Tahun 2020 yang mewajibkan membawa SIKM sebagai syarat memasuki wilayah Jakarta. GARRY LOTULUNGPetugas gabungan memeriksa kendaraan di gerbang tol Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (28/5/2020). Selama operasi pemeriksaan kepada masyarakat dari luar Jabodetabek yang ingin masuk ke Jakarta diharuskan menunjukkan SIKM, berdasarkan peraturan gubernur (Pergub) Nomor 47 Tahun 2020 yang mewajibkan membawa SIKM sebagai syarat memasuki wilayah Jakarta.

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Puncak arus balik dari daerah ke Jakarta diprediksi akan berlangsung akhir pekan ini atau Minggu 31 Mei 2020. Sebab tanggal tersebut menjadi batas akhir Permenhub Nomor 25 tahun 2020 tentang larangan mudik.

Tak heran jika pihak berwenang seperti Polisi, Dishub, dan Satpol PP makin ketat melakukan penjagaan di sejumlah check point, meskipun tren mudik mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu.

“Perkiraan arus balik akan sampai puncaknya pada 31 Mei, karena tanggal 1 Juni libur,” ujar Edi Nursalam, Direktur Prasarana Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), dalam konferensi virtual (27/5/2020).

Baca juga: Daftar Harga Mobil Murah Bekas Usai Lebaran, Mulai Rp 70 Jutaan

 

Petugas gabungan memeriksa kendaraan di gerbang tol Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (28/5/2020). Selama operasi pemeriksaan kepada masyarakat dari luar Jabodetabek yang ingin masuk ke Jakarta diharuskan menunjukkan SIKM, berdasarkan peraturan gubernur (Pergub) Nomor 47 Tahun 2020 yang mewajibkan membawa SIKM sebagai syarat memasuki wilayah Jakarta.GARRY LOTULUNG Petugas gabungan memeriksa kendaraan di gerbang tol Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (28/5/2020). Selama operasi pemeriksaan kepada masyarakat dari luar Jabodetabek yang ingin masuk ke Jakarta diharuskan menunjukkan SIKM, berdasarkan peraturan gubernur (Pergub) Nomor 47 Tahun 2020 yang mewajibkan membawa SIKM sebagai syarat memasuki wilayah Jakarta.

Walaupun larangan mudik berakhir pada 31 Mei, menurut Edi, penyekatan arus balik masih akan dilakukan hingga 7 Juni mendatang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Edi juga menambahkan, pihaknya bakal melakukan penyekatan di 11 titik perbatasan wilayah Jabodetabek.

“Kami tidak bisa menyekat semua, nyatanya masih banyak yang lolos, ada 897.000 pemudik yang sudah masuk Jateng. Apa mereka diizinkan pemerintah? Kan tidak, yang diizinkan sangat sedikit sekali,” ucap Edi.

Baca juga: Ini Dugaan Penyebab Kecelakaan Mobil Tertusuk Besi Pembatas Jalan Tol

 

Sejumlah kendaraan tengah mengantre di pos check point dan pemeriksaan SIKM DKI Jakarta di tol Japek kilometer 47 B, Minggu (25/5/2020).KOMPAS.COM/FARIDA Sejumlah kendaraan tengah mengantre di pos check point dan pemeriksaan SIKM DKI Jakarta di tol Japek kilometer 47 B, Minggu (25/5/2020).

Menurutnya, pemudik yang diizinkan masuk Jakarta hanya yang memiliki surat izin keluar masuk (SIKM), sesuai Pergub Nomor 47 Tahun 2020.

“Penyekatan sebagai antisipasi larangan mudik yang berlaku sampai 31 Mei dan Pergub 47 yang berlaku sesuai SE 5 sampai 7 Juni. Tapi Jakarta setelah 7 Juni tetap akan menerapkan SIKM untuk syarat masuk wilayah Jakarta,” kata Edi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.