Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Colokan USB di Kabin Bus Bukan untuk Isi Daya Powerbank

Kompas.com - 29/05/2020, 18:51 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comBus merupakan salah satu alternatif transportasi umum untuk bepergian antar kota. Seiring perkembangan zaman, berbagai fasilitas terus dikembangkan untuk kenyamanan penumpang, salah satunya yaitu fitur colokan USB.

Fitur colokan USB biasanya baru ada pada bus kelas eksekutif atau lebih tinggi. Posisi colokan USB biasanya ada di setiap bangku atau ada di atas, dekat louver AC.

Jika baterai ponsel habis, tinggal colok ke USB ini sehingga daya bisa terisi sambil menikmati perjalanan. Namun ada yang perlu diwaspadai, colokan USB ini bukan diperuntukan mengisi bank daya alias powerbank.

Baca juga: Harga Motor Sport Bekas, CB150R Kini Hanya Rp 11 Jutaan

colokan usb di busKompas.com/Fathan Radityasani colokan usb di bus

Walaupun secara teknis bisa untuk mengisi daya, tetapi mengapa tidak diperbolehkan cas powerbank?

Werry Yulianto, Export Manager Karoseri Laksana, pembuat bus, mengatakan, belum ada kejelasan secara pasti mengenai mengisi daya di bus, namun kualitas dari powerbank yang dimiliki penumpang juga berbeda-beda, sehingga potensi bahaya bisa muncul saat dicas.

“Menurut pengalaman, baterai pada powerbank tidak diketahui kualitasnya. Jadi saat diisi dayanya bisa terlalu panas dan terbakar,” kata Werry kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Ini Dugaan Penyebab Kecelakaan Mobil Tertusuk Besi Pembatas Jalan Tol

Rifandy Adrianto, Marketing Staff dari Karoseri Adi Putro, mengatakan, pernah terjadi kebakaran di kabin bus karena penumpang yang mengecas powerbank di kabin.

“Pernah kejadian bus terbakar karena mengecas powerbank. Penyebabnya bisa karena penumpang tidak sadar ketika powerbanknya sudah penuh dan tidak dicabut dari lubang USB nya, otomatis kebutuhan arus listrik semakin besar,” ucap Rifandy kepada Kompas.com.

Kapasitas powerbank yang besar menjadi penyebab listrik di kabin bus lemah. Panas yang dihasilkan saat mengisi powerbank yang berbahaya dan bisa menyebabkan kebakaran di kabin bus.

“Bayangkan kalau yang mengecas powerbank lebih dari 10 orang dan lupa mencabutnya meski sudah penuh. Kalau untuk HP masih aman, tetapi untuk powerbank tidak disarankan untuk cas di kabin bus,” ujar Rifandy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com