Teknologi Baru Pelek Hybrid buat Bus dan Truk

Kompas.com - 26/05/2020, 11:42 WIB
Pelek Hybrid truk dan bus Bambang WidjanarkoPelek Hybrid truk dan bus

JAKARTA, KOMPAS.comPelek kendaraan niaga seperti truk dan bus biasanya ada dua tipe, untuk ban tubeless dan tube type (pakai ban dalam). Namun sekarang, sudah ada model pelek hybrid untuk truk dan bus.

Lalu apa yang dimaksud dengan pelek hybrid untuk bus dan truk dan apa saja kelebihannya?

Bambang Widjanarko, Tire & Rim Consultant dan Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, mengatakan, pelek hybrid memiliki model yang sama dengan tube type biasa, namun tidak perlu menggunakan ban dalam dan selendang (flap).

Baca juga: Cara Mengoperasikan Transmisi Mobil Manual yang Benar untuk Pemula

Pelek hybrid truk dan busBambang Widjanarko Pelek hybrid truk dan bus

“Jadi pelek hybrid memiliki model yang sama dengan tube type biasa. Keunggulannya yaitu tidak perlu pakai ban dalam dan flap, sama seperti tubeless,” kata Bambang kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Pembuatan pelek hybrid sama dengan pelek multi-pieces biasa, namun dengan tingkat presisi, pengelasan, dan pembubutan yang lebih baik. Sehingga sambungan antara rim dengan ring lock tidak ada rembesan udara.

Selain itu, Bambang menjelaskan, bentuk lubang pentil yang sama dengan model pelek tubeless yang rapat sehingga tidak memungkinkan adanya rembesan udara yang keluar. Lalu apa kelebihan jika dibanding dengan pelek tube type biasa?

Baca juga: Skutik Usia 5 Tahun Lebih, Wajib Ganti Komponen Ini

“Pelek hybrid bisa memperpanjang usia pakai ban 20 sampai 30 persen. Hal ini disebabkan karena tidak adanya ban dalam dan flap, sehingga panas ban saat operasional akan berkurang,” ucap Bambang.

Karena panas yang berkurang, ban menjadi tidak sering diistirahatkan ketika dalam perjalanan. Selain itu, waktu istirahat ban juga lebih singkat karena pelepasan panas lebih cepat karena tidak ada rangkapan ban dalam dan flap.

Namun pelek hybrid juga memiliki kekurangan seperti cara melepas ban dari pelek agak sulit untuk dilakukan dengan peralatan manual seadanya. Selain itu hanya tersedia untuk ukuran 20 inci dan cuma buat ban ukuran 10.00 R 20 dan 11.00 R 20 saja.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X