Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah Hindari Kecelakaan Motor di Jalan Raya

Kompas.com - 25/05/2020, 13:32 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kecelakaan di jalan raya, kebanyakan terjadi pada pengendara motor. Mengendarai motor memang butuh keterampilan, selain itu juga mudah terjatuh jika pengendara kehilangan keseimbangan.

Salah satu kondisi yang bisa menghilangkan keseimbangan yaitu melewati jalan yang ada tumpahan oli atau licin. Cara agar tidak celaka ketika melewati kondisi tersebut yaitu dengan antisipasi. Karena jika terlambat, motor akan kehilangan cengkraman ke aspal dan terjatuh.

Jusri Pulubuhu, Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), mengatakan, cara antisipasi yang harus dilakukan yaitu jarak pandang harus luas ke depan. Pandangan yang luas mempermudah antisipasi terhadap kondisi jalan yang akan dilalui.

Baca juga: Polisi Izinkan Warga Mudik Lokal di Jabodetabek

ilustrasi motor dibelakang mobilKompas.com/Fathan Radityasani ilustrasi motor dibelakang mobil

“Jika antisipasi, pengendara sudah melihat kondisi jalan yang akan dilewati. Misalnya ada oli di jalan, pengendara bisa menghindarinya atau mengurangi kecepatan,” ucap Jusri kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Oleh karena itu, ketika berkendara harus menjaga jarak dengan pengguna jalan lain. Jika mepet dengan kendaraan di depannya, jarak pandang pengendara jadi kecil dan tidak bisa antisipasi apa yang akan dilewati.

Baca juga: Lolos Masuk Jakarta, Pendatang Tanpa Izin Wajib Karantina

Kondisi yang bisa menyebabkan kurangnya pandangan ke depan seperti berkendara di belakang truk atau bus. Penglihatan ke depan terhalang oleh ukuran kendaraan yang besar.

“Ketika pandangan ke depan terhalang oleh pengendara lain, kurangi kecepatan, antisipasi. Dengan mengurangi kecepatan, bisa memperluas pandangan ke depan,” kata Jusri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com