Cara Mudah Hindari Kecelakaan Motor di Jalan Raya

Kompas.com - 25/05/2020, 13:32 WIB
jaga jarak aman motor Kompas.com/Fathan Radityasanijaga jarak aman motor

JAKARTA, KOMPAS.com – Kecelakaan di jalan raya, kebanyakan terjadi pada pengendara motor. Mengendarai motor memang butuh keterampilan, selain itu juga mudah terjatuh jika pengendara kehilangan keseimbangan.

Salah satu kondisi yang bisa menghilangkan keseimbangan yaitu melewati jalan yang ada tumpahan oli atau licin. Cara agar tidak celaka ketika melewati kondisi tersebut yaitu dengan antisipasi. Karena jika terlambat, motor akan kehilangan cengkraman ke aspal dan terjatuh.

Jusri Pulubuhu, Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), mengatakan, cara antisipasi yang harus dilakukan yaitu jarak pandang harus luas ke depan. Pandangan yang luas mempermudah antisipasi terhadap kondisi jalan yang akan dilalui.

Baca juga: Polisi Izinkan Warga Mudik Lokal di Jabodetabek

ilustrasi motor dibelakang mobilKompas.com/Fathan Radityasani ilustrasi motor dibelakang mobil

“Jika antisipasi, pengendara sudah melihat kondisi jalan yang akan dilewati. Misalnya ada oli di jalan, pengendara bisa menghindarinya atau mengurangi kecepatan,” ucap Jusri kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Oleh karena itu, ketika berkendara harus menjaga jarak dengan pengguna jalan lain. Jika mepet dengan kendaraan di depannya, jarak pandang pengendara jadi kecil dan tidak bisa antisipasi apa yang akan dilewati.

Baca juga: Lolos Masuk Jakarta, Pendatang Tanpa Izin Wajib Karantina

Kondisi yang bisa menyebabkan kurangnya pandangan ke depan seperti berkendara di belakang truk atau bus. Penglihatan ke depan terhalang oleh ukuran kendaraan yang besar.

“Ketika pandangan ke depan terhalang oleh pengendara lain, kurangi kecepatan, antisipasi. Dengan mengurangi kecepatan, bisa memperluas pandangan ke depan,” kata Jusri.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X