4 Jurus buat Hindari Kecelakaan Lalu Lintas

Kompas.com - 25/05/2020, 12:01 WIB
Sejumlah kendaraan melintasi tol JORR (Jakarta Outer Ring Road) menuju tol Jakarta-Cikampek di Bekasi , Jawa Barat, Kamis (23/4/2020). Menurut data Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya sebanyak 44.550 kendaraan keluar wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi ) melewati gerbang tol Cikampek Utama jelang larangan mudik yang ditetapkan pemerintah pada (24/4/2020). ANTARA FOTO/FAKHRI HERMANSYAHSejumlah kendaraan melintasi tol JORR (Jakarta Outer Ring Road) menuju tol Jakarta-Cikampek di Bekasi , Jawa Barat, Kamis (23/4/2020). Menurut data Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya sebanyak 44.550 kendaraan keluar wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi ) melewati gerbang tol Cikampek Utama jelang larangan mudik yang ditetapkan pemerintah pada (24/4/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan lalu lintas, masih menjadi momok menyeramkan di jalan raya khususnya di Indonesia. Jenisnya beragam, mulai dari ringan sampai kecelakaan berat.

Apalagi pada momen lebaran seperti saat ini, meski pemerintah sudah mengeluarkan larangan bagi masyarakat untuk melakukan mudik, nyatanya tidak sedikit dari mereka yang nekat dan tetap pulang ke kampung halaman.

Ketika sudah berada di jalan, tidak ada satupun pengemudi atau pengendara yang akan mengetahui kapan terjadi kecelakaan. Namun sebagai pengguna jalan sebaiknya harus selalu berhati-hati dalam berkendara.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengindari kecelakaan, apa saja?

Baca juga: Bosan Dirumah? Yuk Lakukan Aktivitas Seru Ini saat Pandemi

1. Rutin cek kendaraan

Pemeliharaan kendaraan secara optimal merupakan langkah pertama agar bisa terhindar dari kecelakaan.

Lakukan perawatan rutin seperti mengecek kondisi aki, memeriksa radiator, mengontrol timing belt, dan mencermati pelumas atau oli mesin. Selain bisa dilakukan pengecekan secara harian, lakukan juga perawatan rutin di bengkel.

2. Jaga kecepatan

Menjaga kecepatan pada kondisi eco jadi kunci penghematan bahan bakar saat melintas tol trans jawakompas.com Menjaga kecepatan pada kondisi eco jadi kunci penghematan bahan bakar saat melintas tol trans jawa

“Jangan tergesa-gesa dalam berkendara. Selalu jaga jarak aman dan jaga kecepatan sesuai dengan rambu-rambu yang berlaku di jalan,” ujar Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana.

Jika memang tergesa-gesa karena mengejar waktu, ada baiknya untuk mengutamakan keselamatan dalam mengemudi.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X