Kata Suzuki dan Mitsubishi Hadapi Era New Normal

Kompas.com - 24/05/2020, 11:02 WIB
Suzuki layani konsumen dengan protokol kesehatan SISSuzuki layani konsumen dengan protokol kesehatan
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi virus corona (Covid-19) memunculkan istilah new normal atau kewajaran baru. Hal ini sedikit banyak akan mengubah beberapa kebiasaan lama, termasuk juga dalam dunia otomotif.

Salah satunya seperti jualan mobil secara daring yang diprediksi akan makin meningkat. Selain itu juga diikuti dengan perubahan aktivitas lainnya dari konsumen.

Lantas bagaimana tanggapan dan kesiapan agen pemegang merek (APM) mengenai era new normal tersebut ?

Irwan Kuncoro, Director Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), mengatakan bila pihaknya juga sudah mulai bersiap untuk menyambut new normal.

Baca juga: Saat New Normal, Apakah Aturan Berkendara Masih seperti PSBB?

Mitsubishi XpanderKOMPAS.com/Gilang Mitsubishi Xpander

"Kondisi new normal ini masih perhatikan dan pelajari lebih lanjut seperti apa. Saat ini selesai (Covid-19), kami juga pasti akan adaptasi mengikuti tren dari konsumen, termasuk apakan konsumen akan tetap datang ke mall setiap minggu, atau kami yang mendatangi konsumen," ucap Irwan beberapa hari lalu.

Lebih lanjut Irwan menjelaskan juga akan mengikuti perubahan dari pola gaya beli konsumen. Artinya, apakah masih banyak konsumen yang bakal datang ke diler atau justru kontak fisiknya akan berkurang.

Mengenai cara penjualan secara digital, Irwan mengatakan memang arah ubahannya akan ke sana, tapi untuk saat ini sendiri secara kesiapan masih belum.

"Ke depannya digital channel, semua proses model penjualannya mungkin akan berubah, tapi untuk saat ini kita belum, kami masih dengan yang ada saat ini," ucap Irwan.

Baca juga: Low MPV Terlaris Ketiga, Penjualan Daihatsu Xenia Tembus 670.000 Unit

Beli mobil via online lagi marak, tetapi presentase kendaraan yang bermasalah juga besar.www.autoguide.com Beli mobil via online lagi marak, tetapi presentase kendaraan yang bermasalah juga besar.

Hal senada juga diungkap Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Menurut Donny, new normal memang akan menjadi sebuah tatanan baru dalam pola melayani konsumen seperti yang telah dilakukan sejauh ini dengan para dilernya.

Artinya, kebiasaan-kebiasaan yang sudah diterapkan selama masa pandemi ini akan menjadi habit baru yang akan diterapkan seterusnya. Seperti protokol higienis di diler, bengkel, sampai dengan proses serah terima kendaraan bagi konsumen.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X