Cegah Kerumunan, Samsat Keliling di DKI Jakarta Dihentikan

Kompas.com - 24/05/2020, 08:32 WIB
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur (paling depan) berbincang dengan petugas Samsat Keliling di Pekanbaru, Rabu (7/9/2016). Salah satu tujuan kedatangan Asman ke Riau, adalah memberikan pertimbangan terhadap kesiapan Polda Riau naik kelas menjadi tipe A.  SAHMenteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur (paling depan) berbincang dengan petugas Samsat Keliling di Pekanbaru, Rabu (7/9/2016). Salah satu tujuan kedatangan Asman ke Riau, adalah memberikan pertimbangan terhadap kesiapan Polda Riau naik kelas menjadi tipe A.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Provinsi DKI Jakarta untuk sementara meniadakan pelayanan pembayaran pajak, di Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap ( Samsat) keliling.

Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya kerumunan warga yang hendak melakukan pembayaran pajak kendaraan.

Sebagai gantinya, pembayaran pajak di Samsat keliling hanya ditempatkan di tempat parkir kantor induk Samsat saja.

Kasi STNK Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Martin mengatakan, selama ini pelayanan Samsat keliling tersebar di berbagai titik.

Baca juga: Pengguna Kendaraan di Jatim Banyak yang Langgar Aturan PSBB

Tetapi, sejak meluasnya penyebaran virus Corona pelayanan di Samsat keliling pun dikurangi dan hanya berada di kantor induk saja.

“Nanti setelah pelayanan Samsat kembali buka setelah libur Lebaran, kami akan menghilangkan Samsat di tempat umum atau ruang publik. Seperti di mal dan juga Samsat corner,” kata Martin kepada Kompas.com, belum lama ini.

Mobil samsat keliling di kawasan car free day pada Minggu (30/12/2018) hanya beroperasi hingga pukul 11.00 WIB. KOMPAS.COM/ RINDI NURIS VELAROSDELA Mobil samsat keliling di kawasan car free day pada Minggu (30/12/2018) hanya beroperasi hingga pukul 11.00 WIB.

Kebijakan ini adalah untuk menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB) di ruang publik atau tempat umum.

Dia mengatakan, jika Samsat keliling tetap dioperasikan dalam kondisi pandemi Covid-19, dikhawatirkan potensi penyebaran virus mematikan tersebut akan semakin besar.

Maka dari itu, untuk sementara pelayanan pajak di Samsat keliling hanya ada di tempat parkir Samsat induk saja.

“Samsat keliling yang sebelumnya disebar di beberapa wilayah operasi, sekarang dilekatkan di kantor Samsat yakni di tempat parkiran. Kalau di titik keramaian akan berkerumun, physical distancing juga tidak baik,” ujarnya.

Baca juga: Sudah 8.735 Kendaraan Pemudik di Jabar Dipaksa Putar Balik

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X