Cara Murah Merawat Pelek Mobil, Cukup Modal Air Bersih

Kompas.com - 23/05/2020, 13:02 WIB
Cuci pelek mobil autolounge.idCuci pelek mobil

JAKARTA, KOMPAS.comPelek mobil merupakan salah satu komponen yang menunjang penampilan dari kendaraan. Kadang pemilik mobil juga mengganti dengan pelek aftermarket supaya tampilannya lebih keren.

Merawat pelek mobil ternyata mudah dilakukan. Perawatan yang dilakukan untuk menjaga penampilan dari pelek itu sendiri. Selain itu, bisa juga ada bekas kotoran yang membuat pelek kurang enak dilihat.

Wibowo Santosa, pemilik Permaisuri Ban, toko pelek dan ban di jalan Mahakam, Jakarta Selatan, mengatakan, kotoran yang ada di pelek biasanya berasal dari debu rem yang tidak sulit dibersihkan.

Baca juga: Pembeli Motor Jokowi Rp 2,55 M Tak Paham Lelang, Dikira Dapat Hadiah

Cuci pelek mobilgridoto.com Cuci pelek mobil

“Membersihkan pelek yang kotor tidak usah pakai bahan yang aneh-aneh, sama saja ketika mencuci mobil. Kotor di pelek karena debu rem itu mudah dibersihkan jika sering dicuci,” kata Wibowo kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Wibowo juga mengatakan, kalau kebanyakan pelek yang ada saat ini memiliki finishing dengan lapisan cat. Kalau untuk finishing chrome, memang sudah tidak begitu banyak di pasaran. Perawatan pelek chrome bisa dengan memakai carian khusus pembersih chrome.

Baca juga: Telanjur Mudik, Jangan Harap Bisa Kembali ke Jakarta dengan Mudah

Sedangkan untuk finishing lapisan cat, cara merawatnya cukup dengan air, malah sebaiknya jangan pakai sabun aneh-aneh. Ada juga cairan pembersih, tapi itu hanya untuk membersihkan kotoran yang menempel dan sulit dibersihkan dengan air.

“Paling ada juga semacam cairan untuk lebih mudah membersihkan bekas gemuk yang nempel dengan kotoran, tapi itu hanya untuk membersihkan, bukan untuk cuci pelek,” ucap Wibowo.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X