Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Dilarang Mudik, Pertamina Jamin Stok BBM Tol Trans Jawa Aman

Kompas.com - 23/05/2020, 08:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) pada Hari Raya Idul Fitri tahun ini diperkirakan mengalami penurunan. Meski demikian, PT Pertamina (Persero) tetap menjamin stok tersedia, termasuk di Tol Trans Jawa.

Perkiraan tersebut timbul seiring dengan keputusan dilarang mudik oleh Pemerintah dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna memutus rantai penyebaran virus corona alias Covid-19 di Tanah Air.

"Kami tetap memaksimalkan layanan SPBU dengan penerapan protokol keamanan Covid-19 agar masyarakat dan pekerja Pertamina dapat beraktivitas tanpa khawatir," kata Direktur Pemasaran Retail PT Pertamina (Persero) Mas'ud Khamid di keterangan resmi.

Baca juga: Ini Sanksi Mudik Lokal dan Keluar Jabodetabek dari Dishub DKI

Petugas menggunakan baju kebaya saat melayani pembeli BBM di SPBU Coco Ulak Karang, Padang, Sumatera Barat, Selasa (21/4/2020). SPBU tersebut memberlakukan penggunaan kebaya bagi petugas perempuan dalam menyambut Hari Kartini.ANTARA FOTO/IGGOY EL FITRA Petugas menggunakan baju kebaya saat melayani pembeli BBM di SPBU Coco Ulak Karang, Padang, Sumatera Barat, Selasa (21/4/2020). SPBU tersebut memberlakukan penggunaan kebaya bagi petugas perempuan dalam menyambut Hari Kartini.

Menurut Mas'ud, saat ini sebagian besar SPBU Pertamina telah dilengkapi dengan alat pembayaran digital nontunai. Dengan begitu, masyarakat memiliki opsi pembayaran yang lebih beragam, tak hanya menggunakan uang tunai.

Langkah tersebut juga disebut merupakan upaya perseroan untuk menekan penyebaran virus dalam berkegiatan.

Pada kesempatan sama, Mas'ud juga melakukan inspeksi langsung ke beberapa SPBU di sepanjang ruas Tol Trans Jawa, sekaligus berbagi semangat dan dukungan kepada Tim Satgas Ramadhan, Idul Fitri, dan Covid-19 (RAFICO), serta para operator SPBU dan Awak Mobil Tangki (AMT) yang bertugas.

Salah satu SPBU yang mendapat perhatian ialah di Rest Area Kilometer 57 Karawang dan Kilometer 228 Jalan Tol Cipali, Cirebon. Kepada Komisaris Pertamina Condro Kirono, yang juga turut hadir di kegiatan itu, petugas menyebut kondisi SPBU kini relatif sepi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com