Waspadai Dampak Buruk Pasang Anting di Shockbreaker Motor

Kompas.com - 21/05/2020, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini aksesori yang banyak digunakan oleh pengendara sepeda motor adalah peninggi shockbreaker, atau yang biasa disebut anting.

Selain membuat bagian buritan menjadi lebih tinggi, tujuan pemilik motor memakai aksesori ini adalah untuk membuat tampilan belakang motor lebih sedap dipandang.

Alasan lainnya, supaya jarak main alias travel shockbreaker belakang jadi lebih panjang meredam benturan.

Meski demikian, sebenarnya penggunaan anting tersebut tidak disarankan. Kepala Bengkel Mekar Bintaro, Adih, mengatakan, anting bisa membuat shockbreaker cepat bocor.

Baca juga: Ini Dampak Buruk Mobil Kerap Dijemur di Bawah Sinar Matahari

“Penggunannya tidak disarankan, karena buat shockbreaker cepat bocor. Anting-anting tersebut kadang kurang presisi, jadi posisi shockbreaker yang harusnya lurus bisa jadi miring,” ujar Adih saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

BMW G310GS. Jarak kejut suspensi belakang dibuat lebih panjang.Febri Ardani/KompasOtomotif BMW G310GS. Jarak kejut suspensi belakang dibuat lebih panjang.

Tidak hanya itu, masalah yang kerap terjadi adalah shockbreaker jadi macet atau tidak mau balik ke atas (rebound). Padahal seharunsya shockbreaker yang sehat punya perhitungan berapa besar kompresi dan rebound.

Baca juga: Jurus Ampuh Hilangkan Embun di Kaca Helm saat Berkendara

“Selain shockbreaker bisa bengkok, yang paling parah bahkan bisa patah kalau motor bawa muatan atau beban yang berat,” kata Adih.

Ada cara praktis dalam memilih shockbrekaer yang punya jarak lebih tinggi dari standar, yaitu dengan memilih merek aftermarket yang terpercaya, asli dan bergaransi, atau bisa copotan dari merek lain.

Harganya memang jauh lebih tinggi, tapi cara ini dinilai lebih aman dan berkendara pun bisa jadi lebih nyaman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.