Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilih Pasang Sarung atau Retrim Jok pada Interior Mobil?

Kompas.com - 20/05/2020, 11:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comJok mobil standar biasanya dilengkapi dengan balutan bahan kain atau fabric. Bagi sebagian pemilik mobil, jok fabric dirasa kurang nyaman atau tidak mengesankan mewah dengan tampilannya.

Solusinya bisa dengan melakukan modifikasi pada lapisan bahan yang membalutnya.

Saat ini bagi yang ingin memodifikasi jok, bisa memilih pakai sarung jok ataupun melapis ulang (retrim) dengan bahan yang baru. Kedua model ubahan ini bisanya menggunakan bahan semi kulit (sintetis).

Bagaimana kelebihan dan kekurangan dari kedua modifikasi ini?

Baca juga: Hindari Tabrakan Beruntun dengan Jurus 3 Detik

retrim jokKompas.com/Fathan retrim jok

Edy, pemilik dari bengkel spesialis interior, Vertue Concept di Sunter, mengatakan, kelebihan dari menggunakan sarung jok jika dibandingkan dengan retrim jok yaitu dari segi harga dan kemudahan memasang.

“Harga sudah pasti sarung jok lebih murah. Kalau retrim kan mengganti fabric dengan lapisan yang baru. Sarung jok juga lebih mudah dipasangnya, tidak perlu melepas bahan fabric pada jok bawaan,” kata Edy kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Nissan Tawarkan Program Kredit 0 Persen buat Livina, Serena, dan Terra

Kelebihan dari retrim jok yaitu bahan yang digunakan dan bentuknya bisa menyesuaikan dari keinginan pemilik. Bisa juga ada penambahan busa pada jok agar semakin nyaman. Penyesuaian seperti ini hanya bisa dilakukan ketika retrim jok.

“Ketika retrim jok, lapisan fabric bawaannya kita berikan kepada pelanggan. Jadi kalau misalnya ingin dikembalikan ke standar, bisa dilakukan,”ucap Edy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com