Pilih Pasang Sarung atau Retrim Jok pada Interior Mobil?

Kompas.com - 20/05/2020, 11:02 WIB
Ragam sarung jok untuk mobil murah di toko aksesoris Alif Auto, Mega Glodok Kemayoran. Aditya MaulanaRagam sarung jok untuk mobil murah di toko aksesoris Alif Auto, Mega Glodok Kemayoran.

JAKARTA, KOMPAS.comJok mobil standar biasanya dilengkapi dengan balutan bahan kain atau fabric. Bagi sebagian pemilik mobil, jok fabric dirasa kurang nyaman atau tidak mengesankan mewah dengan tampilannya.

Solusinya bisa dengan melakukan modifikasi pada lapisan bahan yang membalutnya.

Saat ini bagi yang ingin memodifikasi jok, bisa memilih pakai sarung jok ataupun melapis ulang (retrim) dengan bahan yang baru. Kedua model ubahan ini bisanya menggunakan bahan semi kulit (sintetis).

Bagaimana kelebihan dan kekurangan dari kedua modifikasi ini?

Baca juga: Hindari Tabrakan Beruntun dengan Jurus 3 Detik

retrim jokKompas.com/Fathan retrim jok

Edy, pemilik dari bengkel spesialis interior, Vertue Concept di Sunter, mengatakan, kelebihan dari menggunakan sarung jok jika dibandingkan dengan retrim jok yaitu dari segi harga dan kemudahan memasang.

“Harga sudah pasti sarung jok lebih murah. Kalau retrim kan mengganti fabric dengan lapisan yang baru. Sarung jok juga lebih mudah dipasangnya, tidak perlu melepas bahan fabric pada jok bawaan,” kata Edy kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Nissan Tawarkan Program Kredit 0 Persen buat Livina, Serena, dan Terra

Kelebihan dari retrim jok yaitu bahan yang digunakan dan bentuknya bisa menyesuaikan dari keinginan pemilik. Bisa juga ada penambahan busa pada jok agar semakin nyaman. Penyesuaian seperti ini hanya bisa dilakukan ketika retrim jok.

“Ketika retrim jok, lapisan fabric bawaannya kita berikan kepada pelanggan. Jadi kalau misalnya ingin dikembalikan ke standar, bisa dilakukan,”ucap Edy.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X