Kenapa Kedua Tangan Harus Memegang Setir Ketika Mengemudi?

Kompas.com - 20/05/2020, 10:02 WIB
Ilustrasi menyetir mobil. Foto: mystratfordnow.comIlustrasi menyetir mobil.

JAKARTA, KOMPAS.comMengemudi memang keahlian yang bisa dilatih seiring berjalannya waktu. Kadang ada pengemudi yang merasa sudah ahli, menyetir hanya mengandalkan satu tangan di kemudi.

Kebiasaan mengemudi dengan satu tangan sebenarnya bisa berbahaya. Selain itu dalam keselamatan mengemudi, sangat tidak disarankan untuk mengemudi dengan satu tangan saja.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre, akan menjelaskan beberapa alasan mengapa kedua tangan harus selalu ada di setir ketika mengemudi.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Knalpot Mobil Keluar Air Tandanya Mesin Sehat?

Ani Rahayu, Mitra Grab menjelaskan fungsi layar dan tombol yang ada di Hyundai IONIQ EVKaina Harini Ani Rahayu, Mitra Grab menjelaskan fungsi layar dan tombol yang ada di Hyundai IONIQ EV

“Pertama, pengemudian akan lebih stabil. Kalau mengemudi hanya dengan satu tangan, mobil menjadi goyang-goyang ketika dikendarai,” kata Marcell kepada Kompas.com, Selasa (19/5/2020).

Selain itu, mengemudi dengan satu tangan juga berbahaya sekali pada kecepatan tinggi. Misalnya tangan bergeser sedikit saja ketika menyetir, maka mobil bisa berpindah jauh dari posisi awalnya.

Baca juga: Honda Bicara Kehadiran ZR-V, Calon Pesaing Raize dan Rocky

Kedua, ketika hanya mengandalkan satu tangan, tenaga hanya disalurkan ke tangan tersebut, jadi mudah lelah. Sedangkan kalau dua tangan yang memegang setir, menjadi tidak mudah lelah,” ucap Marcell.

Terakhir, berkaitan dengan psikologis ketika menyetir dengan satu tangan. Jika mengemudi dengan dua tangan, memengaruhi kesiapan dan kesigapan. Sedangkan kalau hanya satu tangan, pengemudi jadi terlalu santai dan kesiapan dan kesigapannya kurang ketika menyetir.

“Terlalu santai akan menurunkan kewaspadaan ketika menyetir. Sehingga waktu reaksi menjadi lebih lama dari biasanya. Rileks atau tidak kaku boleh, tapi jangan terlalu santai,” katanya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X