Windshield Jadi Cara Sederhana Dongkrak Penampilan Skutik

Kompas.com - 19/05/2020, 10:02 WIB
Salah satu Honda PCX dengan windshield aftermarket yang modelnya mirip dengan punya Forza AF MotoshopSalah satu Honda PCX dengan windshield aftermarket yang modelnya mirip dengan punya Forza

JAKARTA, KOMPAS.com – Skuter matik (Skutik) di Indonesia sudah ada yang menggunakan windshield pada motornya. Contohnya Seperti Yamaha NMAX, Lexi, XMAX dan Honda PCX, ADV, Forza.

Penggunaan windshield pada skutik memiliki fungsi untuk membelah angin dari depan agar tidak langsung mengenai badan pengendara.

Windshield sendiri tidak terlepas dari sentuhan modifikasi. Sudah banyak windshield aftermarket yang dijual dengan bentuk dan warna yang berbeda dari standar.

Baca juga: Daftar Mobil Bekas Rp 20 Jutaan, Dapat Starlet sampai Accord

windshield planet motorsportKompas.com/Fathan Radityasani windshield planet motorsport

Asun, staf Planet Motorsport di Jalan Otista Raya, Jakarta Timur, mengatakan, modifikasi yang mengubah tampilan motor dengan sederhana, adalah dengan mengganti windshield standar dengan aftermarket.

”Untuk pemilik yang ingin merubah tampilannya, ganti windshield yang pertama dilakukan. Harganya juga tidak terlalu mahal, kisaran Rp200.000 – Rp400.000, menyesuaikan ukuran dan warnanya,” kata Asun kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Resmi, Anies Juga Larang Mudik Lokal

Selain skutik standar yang sudah memiliki windshield, dengan menggunakan bracket tambahan, motor matik biasa pun bisa dipasangi windshield.

Contohnya seperti bracket universal untuk Yamaha Aerox, Xride, dan Honda Beat lalu windshieldnya dari NMAX baik yang standar maupun aftermarket.

Dengan menggunakan windshield tambahan pada skutik biasa, tampilan langsung berubah. Harga bracket universal beragam, mulai dari Rp200.000 – Rp400.000. Dengan modal yang tidak terlalu dalam, tampilan motor bisa berubah drastis.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X