Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Motor Legendaris Suzuki Era '90-an sampai 2000-an

Kompas.com - 18/05/2020, 13:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada era '90-an hingga 2000-an, Suzuki cukup berjaya di Indonesia. Beberapa sepeda motor yang dipasarkannya mampu bersaing ketat dengan kompetitor sekelasnya.

Bahkan, beberapa motor yang diproduksi pada era tersebut masih banyak diburu hingga sekarang. Untuk itu, ada beberapa motor Suzuki yang bisa dibilang motor legendaris, mulai dari motor bebek, motor trail, hingga motor sport.

Berikut ini 5 motor legendaris Suzuki era '90-an hingga 2000-an:

1. Suzuki Tornado

Suzuki Tornadofjb.m.kaskus.co.id Suzuki Tornado

Suzuki Tornado hadir di Indonesia pertama kali pada 1994. Motor bebek 2-tak ini dipasarkan cukup lama, Suzuki baru menyetop produksinya pada 2004.

Suzuki Tornado sendiri muncul dalam dua tipe, Tornado GS dan Tornado GX, yang dibedakan dari mesin, pengereman, dan knalpot.

Jika Tornado GS dibekali mesin 109cc, maka Tornado GX masih menggunakan mesin 100cc.

2. Suzuki Satria 2-Tak

Suzuki Satria 2-takAndi Panser/Blue Tech Suzuki Satria 2-tak

Satria 2-tak dulunya dikenal sebagai motor bebek underbone dengan performa yang tinggi. Pertama kali diluncurkan pada tahun 1997, motor ini masih diidolakan oleh sebagian pecinta roda dua.

Ada beberapa kali ubahan yang dilakukan Suzuki untuk Satria. Tercatat, motor ini sudah mengalami perubahan beberapa kali, mulai dari 2-tak hingga 4-tak. Diawali dengan Satria 120S, RU 120R (lumba-lumba), dan RU 120 LSCM (hiu).

Generasi Satria selanjutnya sudah berganti menjadi 4-tak. Satria 2-tak banyak diburu kolektor, khususnya untuk model Satria lumba-lumba dan Satria hiu.

3. Suzuki Shogun

Suzuki Shogun Foto: OLX Suzuki Shogun

Suzuki Shogun menjadi salah satu ikon bagi penjualan Suzuki. Perjalanan Shogun di Indonesia dimulai pada 1995 hingga berhenti di 2011.

Motor bebek 4-tak ini hadir dengan beberapa tipe seiring dengan perjalanannya, dimulai dari Shogun, Shogun 110R, Shogun 125R, Shogun 125 SP, New Shogun 125, Shogun FI, dan diakhiri dengan Shogun Axelo.

Shogun generasi pertama lebih dikenal dengan julukan 'Shogun Kebo'. Motor ini terkenal dengan komponen Capacitor Discharge Ignition (CDI) yang banyak dicari mekanik balap. Alasannya CDI lansiran model ini tanpa limiter.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com