Ganjalan Lebih Baik Ketimbang Rem Tangan Selama PSBB

Kompas.com - 18/05/2020, 10:02 WIB
Tuas rem parkir pada Datsun Cross. Febri Ardani/KompasOtomotifTuas rem parkir pada Datsun Cross.

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan rem tangan untuk mobil yang parkir dalam waktu lama ternyata tidak disarankan. Lebih baik pakai ganjalan, karena selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB) waktu parkir mobil di garasi relatif lebih lama dari biasanya.

Pasalnya, jika rem tangan digunakan, malah bisa membuat sistem pengereman bermasalah.

Head of After Sales & CS Operation Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Boediarto menjelaskan, rem tangan yang aktif dalam jangka waktu lama membuat kampas rem lengket. Posisinya, karena kampas terus-menerus menekan brake drum dalam waktu panjang.

"Nantinya jadi macet (kampas rem). Solusinya, mobil harus dipaksa jalan maju atau mundur secara berulang-ulang hingga lepas. Tapi kalau tidak bisa diakali, langsung hubungi bengkel resmi," katanya dalam diskusi virtual belum lama ini.

Baca juga: Motor Jarang Dipakai Selama PSBB, Ini Tips Agar Tetap Prima

ilustrasi parkir mobil pararelwww.rgj.com ilustrasi parkir mobil pararel

Guna menghindari potensi terjadinya masalah itu, lanjut Budi, diimbau bagi pemilik mobil jangan mengandalkan rem tangan saat parkir. Cukup ganjal ban belakang mobil dengan kayu, batu, atau ganjalan yang sudah banyak dijual di toko aksesori.

"Sebisa mungkin juga parkir di tempat yang rata. Untuk mobil matik bisa shift P aja, kalau manual cukup pakai gigi satu dibantu dengan ganjal di ban," ucap dia.

Supaya lebih aman, pemilik mobil juga bisa digantung, menggunakan perangkat jack stand. Melalui cara ini, suspensi mobil akan menggantung sehingga roda tidak menapak, dan rem tangan tidak perlu diaktifkan.

Ilustrasi kampas rem mobil dan piringan cakram.STANLY RAVEL-KOMPAS.com Ilustrasi kampas rem mobil dan piringan cakram.

"Kondisi ban juga bisa jadi prima terus, tidak jadi flat atau kempis. Tapi memang rada repot kalau bagi pemula," kata Budi.

"Jadi walau mobil lama tidak digunakan selama periode Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) harus tetap diperhatikan, dirawat. Sehingga kalau ingin digunakan kembali tidak bermasalah," lanjutnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X