Kompas.com - 15/05/2020, 19:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menggunakan bahan bakar minyak (BBM) yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan bisa membuat performa sepeda motor menjadi tidak optimal, bahkan kendaraan menjadi lebih cepat bermasalah.

Kepala Bengkel Honda AHASS Daya Motor Cibinong dan Megamendung mengatakan, ada beberapa tanda yang dikeluarkan oleh motor ketika sudah cukup banyak mengonsumsi BBM oktan rendah.

“Biasanya, akan timbul asap putih dari knalpot dan suara mesin kurang halus, seperti gejala-gejala mesin lainnya,” ujar Asep kepada Kompas.com.

Baca juga: Ini Sanksi Bagi Pengguna Kendaraan yang Melanggar Aturan PSBB Bogor

Gejala mesin yang dimaksud berupa akselerasi yang tidak halus sehingga berkurangnya tarikan motor. Menurut Herman, hal ini dikarenakan adanya pengikisan komponen mesin akibat kerak di bagian ruang bakar.

Mengganti oli mesin skutik bisa dilakukan sendiri di rumahKompas.com/Donny Mengganti oli mesin skutik bisa dilakukan sendiri di rumah

“Munculnya kerak ini karena motor sering menggunakan bahan bakar kualitas rendah yang mengakibatkan pembakaran kurang sempurna,” katanya.

Baca juga: Mobil Murah Terpaksa Minum BBM Premium, Wajib Lakukan Hal Ini

Bila gejala tersebut dibiarkan, bagian silinder akan ikut terkikis yang berakibat keausan terhadap komponen mesin. Selain itu, faktor pembakaran yang kurang sempurna juga bisa mempengaruhi kualitas oli mesin.

“Oli mesin jadi cepat kotor. Maka dari itu, alangkah baiknya pergunakan bahan bakar yang baik, sesuai dengan rekomendasi motor tersebut. Sehingga, pembakaran mesin sempurna dan keawetan komponen mesin tetap terjaga,” ujar Asep.

Selain berpontesi merusak mesin, menggunakan BBM dengan kualitas rendah juga menyebabkan tingginya emisi gas buang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.