Dear Ladies, Hapus Kesan Mobil Bagai Rumah Kedua

Kompas.com - 13/05/2020, 10:22 WIB
Ilustrasi berkendara mobil SHUTTERSTOCKIlustrasi berkendara mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak sedikit pengguna mobil yang menjadikan kendaraannya sebagai rumah kedua, terutama bagi para kaum hawa.

Banyaknya kebutuhan dan tingginya tingkat mobilitas di ibukota, membuat mereka menjadikan mobil sebagai tempat untuk menaruh segala kebutuhan di kabin.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, menegaskan, kendaraan merupakan alat transportasi bukan sebagai rumah kedua.

Baca juga: Bisa Jadi Sarang Bakteri, Ayo Bersihkan Filter Kabin Mobil

“Dengan alasan kemacetan, kepentingan, bisnis, banyak orang Indonesia yang menjadikan mobil sebagai rumah kedua. Sehingga banyak isinya sepatu, makanan, pakaian dipindahkan kedalam mobil. Kalaupun semua itu harus dipindahakan, harus ditaruh ditempat yang aman, tertutup, tidak bergerak dan rapih,” ujar Sony kepada Kompas.com.

Bersihkan kabin mobil usai mudik.Stanly/Otomania Bersihkan kabin mobil usai mudik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sony melanjutkan, terutama pada area yang dilarang untuk menaruh barang seperti bagian dashboard dan bawah jok pengemudi.

“Menaruh sepatu dibawah jok, atau handphone (HP) di atas dasbor itu bisa menjadi salah satu faktor kecelakaan dan menyebabkan fatality. Karena biasanya, kalau pengemudi melakukan reaksi akibat dari kondisi jalan yang tidak terukur, mereka cenderung tidak reaktif terhadap kondisi lingkungan. Tetapi bagaimana caranya menyelamatkan barang yang ada di dalam kabin,” katanya.

Baca juga: Kebiasaan Ini Bisa Merusak Kaca Film Mobil

Dealer Technical Support Dept. Head PT.TAM, Didi Ahadi, juga membenarkan bahwa tidak sedikit kaum hawa yang menjadikan mobil sebagai rumah kedua.

“Kebanyakan sih perempuan yang melakukan hal ini, menaruh sepatu di bawah jok. Sepatu yang ditaruh dibawah jok itu kan sewaktu-waktu bisa maju kedepan dan itu akan menganggu posisi kaki kita saat ingin menginjak pedal gas atau rem sehingga bisa berbahaya dan menyebabkan kecelakaan,” kata Didi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.