Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Dcab dengan Pelek Besar dan Bull Bar, Cuma Main di Mal

Kompas.com - 13/05/2020, 10:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comModifikasi pada double cabin (dcab) memiliki banyak aliran. Salah satu bagian yang biasa diganti yaitu bumper depan dengan yang terbuat dari besi (bull bar).

Bull bar biasa dipasang pada kendaraan tambang atau untuk aktifitas offroad yang berat.
Namun pada saat ini, banyak juga yang menggunakan bull bar tetapi untuk pemakaian harian. Selain bull bar, dipasang juga pelek dengan diameter yang besar.

Echa Sumual, anggota dari komunitas Dcab Id, mengatakan, pemasangan bull bar dan pelek dengan diameter besar sebenarnya agak berlawanan. Bull bar lebih cocok untuk pemakaian ekstrem sedangkan pelek besar kurang pas jika dipakai offroad.

Baca juga: Banyak yang Cari, Ini Deretan Mobil Bekas Rp 70 Jutaan

Pikap kabin ganda gaya relicarmoto.id Pikap kabin ganda gaya reli

“Sebenarnya kontradiktif juga antara bull bar dengan pelek besar. Soalnya mobil dengan bull bar identik dengan kendaraan lapangan yang medannya jelek,” kata Echa kepada Kompas.com belum lama ini.

Echa juga mengatakan, modifikasi yang dilakukan sebenarnya sah-sah saja, kembali ke masing-masing pemilik kendaraan. Jadi tidak ada aturan baku tentang aliran modifikasi. Karena memang ada juga orang yang senang mobil dcab tapi enggak hobi offroad.

Baca juga: Catat, Ini 2 Kesalahan Pengemudi Mobil Transmisi Matik

“Mungkin pemilik mobil ingin tampilan sangar dengan pasang bull bar, tapi dia tidak memakai kendaraannya ke trek offroad, makanya dipasang pelek yang besar,” ucap Echa.

Selain itu, saat ini model bull bar juga sudah beragam. Ada yang old school seperti merek ARB dan model terbaru yang mengikuti lekukan bodi mobil sehingga tampilannya lebih modern.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com