Kompas.com - 12/05/2020, 17:01 WIB
Dipstick Oli Mesin mobil istimewaDipstick Oli Mesin mobil
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Mengganti oli mesin merupakan langkah wajib dalam perawatan kendaraan. Takaran pelumas harus sesuai dengan rekomendasi pabrikan, tidak kurang atau kelebihan.

Suparman, Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, Jakarta, mengatakan, meski terkesan sepele, mengisi oli tidak boleh kekurangan atau kelebihan, sebab bisa menimbulkan masalah pada mesin.

Baca juga: Pelumas Khusus buat Truk Peminum Solar B30

"Terkait mengganti oli yang tidak sesuai takaran itu ada dua hal, bisa kelebihan atau justru malah kurang jumlah volume liternya. Keduanya sama-sama punya dampak yang merugikan bagi pemilik mobil, tapi memang kerap dianggap remeh," katanya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Jika mesin kelebihan oli, kinerja mesin menjadi berat. Alhasil performa mesin juga menurun, tarikan pada putatan atas juga bakal terasa berat meski pedal gas sudah di ''bejek.''

Ilustrasi overhaul mesin mobilwww.easternrangesmotors.com.au Ilustrasi overhaul mesin mobil

"Karena pelumas yang telalu banyak membuat gelembung udara. Kemampun kerja pompa oli dalam mendistribusikan pelumas juag berkurang. Ujung-ujungnya adalah kendaraan akan boros bahan bakar," katanya.

Baca juga: Ganti Oli Mesin Motor di Rumah Aja, Perhatikan Hal ini

Sedangkan bila kekurangan oli, maka mesin akan lebih panas. Sebab salah satu fungsi oli adalah sebagai distribusi panas pada mesin yang kemudian dapat diserap cairan pendingin radiator.

Selain itu kekurangan oli juga berakibat pada menurunnya kemampuan oli dalam melumasi metal yang bergerak dalam mesin. Membuat komponen cepat aus.

"Kurang oli itu lebih fatal, suara mesin akan terdengar sangat kasar karena timbul gesekan akibat pelumas yang penyebarannya tidak menyeluruh. Ujung-ujungnya bisa rusak karena banyak keausan yang terjadi," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.