Ini Cara Berkendara Motor Kopling yang Benar untuk Pemula

Kompas.com - 12/05/2020, 14:42 WIB
Pelatihan teori safety riding, sebelum menunggangi RC213V-S di Safety Riding Center Wahana Jatake (18/8/2017). IstimewaPelatihan teori safety riding, sebelum menunggangi RC213V-S di Safety Riding Center Wahana Jatake (18/8/2017).
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor dengan transmisi manual atau yang menggunakan kopling, memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi dibandingkan dengan tipe lainnya, seperti semi otomatis atau motor matik.

Seorang pengendara motor jenis ini harus paham benar mengenai fungsi dari tuas kopling dan cara mengoperasikannya dengan baik dan benar.

Pasalnya, selama ini banyak pengendara motor yang kebanyakan model sport ini masih melakukan beberapa kesalahan. Terutama dalam cara mengoperasikan kopling yang tidak sesuai saat berkendara.

Baca juga: Selain Aki, Komponen Mobil Apa Lagi yang Harus Dicopot Selama PSBB?

Agus Sani, Head of Safety Riding Wahana, Main Dealer motor Honda wilayah Jakarta-Tangerang menjelaskan, yang perlu dipahami oleh seorang saat akan mengendarai motor kopling adalah cara menggunakannya. ,

Kopling berfungsi untuk memutus dan menyambung putaran mesin menuju transmisi, dan memudahkan saat pindah gigi,” katanya kepada Kompas.com belum lama ini.

Selama ini, Agus mengatakan, kesalahan dalam pengoperasian kopling tidak hanya dilakukan oleh pengendara pemula.

Teknik pengereman sepeda motor, jari tidak ada yang menyentuh tuas saat berkendara.Stanly/Otomania Teknik pengereman sepeda motor, jari tidak ada yang menyentuh tuas saat berkendara.

Bahkan mereka yang kesehariannya menggunakan motor manual tersebut juga tidak luput dari kesalahan.

“Seperti jari tangan yang selalu standby pada tuas kopling, atau menarik kopling saat berbelok. Padahal cara tersebut membuat sepeda motor menjadi los sehingga keseimbangannya menjadi sulit," ucapnya.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Isi Bensin Penuh Bisa Bikin Tangki Kendaraan Awet?

Berikut cara benar mengendarai motor kopling

1. Engine on dengan posisi gigi netral

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X