Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usir Bau Rokok pada Kabin Mobil dengan Kopi

Kompas.com - 08/05/2020, 19:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini masih banyak pengendara yang memiliki kebiasaan menghisap rokok di dalam mobil. Selain membahayakan pengemudi dan penumpang lainnya, bau asap rokok juga akan menjadi masalah untuk kabin mobil.

Presiden Direktur XTO Car Care, Christopher Sebastian, mengatakan, menghilangkan bau asap rokok yang tertinggal pada kabin bukanlah perkara yang mudah.

“Meskipun sudah disemprot pengharum mobil, bau asap rokok akan kembali muncul, karena sudah menempel pada jok dan karpet,” ujar Christopher kepada Kompas.com, Jumat (08/05/2020).

Baca juga: Dampak Buruk Parkir Motor Pakai Standar Samping

Christopher mengatakan, ada beberapa tips yang bisa diterapkan oleh pemilik mobil, untuk menghilangkan bau membandel yang disebabkan oleh asap rokok pada kabin mobil.

Kafein juga punya manfaat kesehatan bagi tubuh.SHUTTERSTOCK Kafein juga punya manfaat kesehatan bagi tubuh.

“Pemilik mobil bisa meletakan bahan alami seperti bubuk kopi, bubuk vanilla, atau kayu manis di dalam mobil. Karena bahan-bahan alami tersebut mempunyai sifat menyerap, dan menyebarkan aroma yang bisa mengalahkan bau dari asap rokok,” katanya.

Baca juga: Ojol Modus Kehabisan Bensin, Berapa sih Kapasitas Tangki BBM Motor?

Pemilik mobil juga harus membersihkan interior mobil dengan vacum cleaner dan mengelap interior seperti jok, dasbor, plafon, dengan cairan pembersih.

“Setelah dibersihkan, nyalakan AC, dan buka kaca mobil sambil berkendara perlahan agar sirkulasi udara dalam kabin menjadi baik,” kata Christopher.

Terakhir Christopher menyarankan, pemilik mobil melakukan fogging untuk menetralisir bau tidak sedap dalam kabin.

“Dengan melakukan fogging, maka bau rokok dalam kabin akan berkurang jauh, bahkan bisa hilang sama sekali. Sehingga kabin menjadi fresh kembali,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com