Atur Sendiri Jarak Main Bebas Rem Belakang Motor

Kompas.com - 08/05/2020, 17:01 WIB
Rem tromol Stanly/OtomaniaRem tromol

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak perawatan atau pengaturan sepeda motor yang bisa dilakukan sendiri saat di rumah aja. Salah satunya adalah mengatur jarak main rem belakang.

Beberapa motor masih ada yang mengandalkan rem belakang menggunakan modek tromol. Rem ini menggunakan kampas rem yang termasuk kategori fast moving dan akan habis sesuai dengan pemakaian.

 Baca juga: Cara Merawat Bodi Mobil yang Sudah Dilapisi Wax di Rumah Aja

Kampas rem yang semakin menipis akan membuat jarak main rem belakang menjadi semakin jauh. Sehingga, saat tuas rem belakang ditekan, jaraknya bisa sangat dalam.

 

Rem jenis tromol di sepeda motorAzwar Ferdian/Otomania Rem jenis tromol di sepeda motor

Asep Suherman, Kepala Bengkel Honda, AHASS Daya Motor Cibinong dan Karawang, mengatakan, mengatur jarak main rem belakang tidak sulit untuk motor yang masih menggunakan rem tromol.

"Tinggal gunakan kunci ring ukuran 14 mm dan putar searah jarum jam sampai kita cek jarak main bebas remnya sesuai dengan keinginan kita," ujar Herman, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Di Rumah Aja, Bisa Ganti Handgrip Motor yang Lebih Nyaman

Herman menambahkan, cara mengatur jarak main bebas rem belakang juga sudah dijelaskan di buku pedoman kepemilikan kendaraan.

Pada buku tersebut, pabrikan Honda contohnya, menganjurkan jarak main bebas pada tuas rem belakang sekitar 10 mm sampai 20 mm.

Jangan lupa juga untuk memeriksa apakah ada tanda-tanda keausan. Lumasi kabel rem dengan cairan pelumas untuk mencegah keausan dini atau karat. Pastikan lengan rem, pegas, dan semua pengencang dalam kondisi baik.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X