Kompas.com - 07/05/2020, 08:02 WIB
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mini mencatat perolehan positif di tengah maraknya virus Corona (Covid-19) yang melanda Indonesia. Pada kuartal awal 2020, merek mobil ikonik asal Inggris tersebut diklaim berhasil mengalami peningkatan hingga 16 persen.

Jodie O'tania, Director of Communication BMW Group Indonesia, menjelaskan, pecapaian Mini sepanjang Januari hingga Maret tak lepas dari adanya produk baru yang telah diluncurkan sebelum corona melanda.

"Jadi memang Mini ini brand yang berbeda, market-nya juga niche dan pelanggan yang beli karena memang mereka fans. Selain itu, kami juga banyak membuat program penjualan khusus bagi konsumen sejak awal tahun," ucap Jodie, saat berbincang dengan media melalui video conference, Rabu (6/5/2020).

Baca juga: Masalah Sabuk Keselamatan, Toyota Indonesia Recall Ratusan Alphard

Jodie menjelaskan bila konsumen yang membeli produknya bukan hanya melihat dari segi fungsional, tapi juga ada unsur emosional. Hal tersebut berpengaruh untuk mendongkrak penjualan.

Mini Countryman Cooper S diperkenalkan pertama kali pada 2018 dan sudah dirakit di dalam negeriKompas.com / Setyo Adi Mini Countryman Cooper S diperkenalkan pertama kali pada 2018 dan sudah dirakit di dalam negeri

Sementara dari sisi jumlah penjualan, Jodie memaparkan totalnya sudah mencapai 145 unit  yang terjual. Jumlah itu pun lebih tinggi dari pencapaian pada periode yang sama pada 2019 lalu.

"Kontribusi terbesar MINI Countryman yang memang secara produk dirakit lokal di Gaya Motor. Pada kuartal awal jumlahnya sebanyak 60 unit, atau 41 persen dari total penjualan Mini saat ini," kata Jodie.

Baca juga: Hanya 24 Unit, MINI Countryman Blackheath Edition Resmi Meluncur

Penyumbang terbesar kedua MINI 3 Door yang berhasi dijual sebanyak 46 unit atau berkontribusi 32 persen. Terakhir, Mini Cabrio sebanyak 13 persen atau 19 unit.

Saat ditanya soal prediksi di kuartal kedua, Jodie mengatkan ada kemungkinan bakal terjadi penurunan yang lebih terasa akibat dampak Covid-19 yang makin meluas di Tanah Air.

Mobil New Mini Cooper Countryman rakitan lokal terlihat di pabrik BMW Production Network 2, PT Gaya Motor, Jakarta Utara, Kamis (6/9/2018). Edisi pertama yang dirakit terdiri dari dua varian, yakni MINI Cooper Countryman dan New MINI Cooper S Countryman Sports.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Mobil New Mini Cooper Countryman rakitan lokal terlihat di pabrik BMW Production Network 2, PT Gaya Motor, Jakarta Utara, Kamis (6/9/2018). Edisi pertama yang dirakit terdiri dari dua varian, yakni MINI Cooper Countryman dan New MINI Cooper S Countryman Sports.

"Sudah pasti kena dampak, Covid-19 di Indonesia ini kan baru, belum tahu juga akan berakhir kapan. Jadi ke depan akan ada penurunan penjualan, karena beberapa pabrik akan tutup sementara, sehingga stok pun akan terhambat, ini berlaku untuk Mini dan BMW," ujar Jodie.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.