Mengenal Jenis-jenis Sekring Motor dan Arti Warnanya

Kompas.com - 05/05/2020, 15:25 WIB
Rumah sekring pada mobil. toyota.astra.co.idRumah sekring pada mobil.

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap sepeda motor dilengkapi juga dengan sistem kelistrikan. Sistem ini butuh pengaman agar tidak terjadi korsleting. Pengaman tersebut adalah sekring.

Jangan anggap remeh dimensinya yang mungil. Sebab, sekring punya fungsi yang sangat penting. Tanpa adanya sekring, motor bisa saja mengalami mogok atau pada kasus tertentu bisa menyebabkan kebakaran.

Baca juga: Pentingnya Penguasaan Analog Kelistrikan buat Teknisi Motor

"Sekring berfungsi untuk memutus arus jika terjadi korsleting di rangkaian kelistrikan tersebut," ujar Ribut Wahyudi, Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere, saat dihubungi Kompas.Com, belum lama ini.

Sekring tabung (tube fuse)Istimewa Sekring tabung (tube fuse)

Sekring yang digunakan pada kendaraan biasanya ada dua jenis, yakni sekring tabung (tube fuse) dan sekring tancap (fuse blade).

Sekring tabung banyak digunakan pada mobil dan motor lawas. Sesuai namanya, sekring ini berbentuk tabung, memudahkannya untuk melihat apakah sekringnya putus.

Sekringyoutube.com Sekring

Sementara sekring tancap, digunakan pada kendaraan modern. Dinamakan sekring tancap karena pemasangannya dengan cara ditancapkan.

Baca juga: Mengenal Sistem Kelistrikan pada PCX Listrik

"Untuk sekring motor, sekarang sudah semuanya menggunakan sekring tancap, sama seperti punya mobil," kata Wahyudi.

Sekring tancap memiliki berbagai warna yang berbeda sesuai dengan kapasitasnya. Berikut arti warna pada sekring tancap sesuai dengan spesifikasinya:
Oranye - 5 Ampere (A)
Merah - 10A
Biru - 15A
Kuning - 20A
Bening atau ungu - 25A
Hijau - 30A



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X