Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganti Oli Mesin Motor di Rumah Aja, Perhatikan Hal ini

Kompas.com - 05/05/2020, 10:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), masyarakat diminta untuk tetap berada di kediaman masing-masing, melakukan semuanya di rumah. Tak terkecuali mengganti oli mesin sepeda motor.

Penggantian oli mesin bisa dilakukan sendiri di rumah aja. Namun, ada beberapa hal yang sebelumnya perlu diperhatikan.

Baca juga: Cara Cek Oli Motor Sudah Tercampur Air

Salah satunya adalah mengeluarkan semua oli lama agar tidak bercampur dengan oli yang baru. Cara ini disebut juga dengan flushing atau pembilasan.

Ganti oli motorShutterstock Ganti oli motor

Ex Coordinator Product Development Specialist Pertamina Lubricants, Mia Krishna Anggraini, mengatakan, pembilasan pada prinsipnya ialah menguras oli lama dengan oli baru dan berlaku baik untuk mobil atau motor.

"Caranya oli lama dikuras, kemudian tuangkan oli baru yang berfungsi ssebagai pembilas. Nyalakan mesin sebentar dan buang oli pembilas. Kemudian tuang lagi oli baru sesuai takaran," kata Mia, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Perlukah Melakukan Pembilasan Oli Motor?

Mia menambahkan, untuk melakukannya, oli lama yang dikuras saat kondisinya dalam keadaan hangat, yang mana diharapkan masih ada efek sirkulasi sehingga kontaminan oli di mesin dalam keadaan relatif homogen.

"Jika sudah dibilas tuangkan pelumas baru sesuai yang akan digunakan. Sesuai spesifikasi mesin dan dengan takaran sebanyak yang sudah ditentukan," ujar Mia.

Cara seperti ini juga dapat dilakukan untuk mengganti oli mesin yang bercampur dengan air akibat banjir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com