Hindari Pengemudi dengan Perilaku Membahayakan di Tol

Kompas.com - 05/05/2020, 09:42 WIB
McLaren kecelakaan tunggal di Tol Jagorawi, Minggu (3/5/2020). KOMPAS.com/RulyMcLaren kecelakaan tunggal di Tol Jagorawi, Minggu (3/5/2020).

BEKASI, KOMPAS.com – Supercar Mclaren MP4-12C dilaporkan mengalami kecelakaan di ruas Tol Jagorawi KM 43.00, Minggu (3/5/2020). Berdasarkan laporan kepolisian, penyebab kecelakaan yaitu pengemudi yang memacu mobilnya dalam kecepatan tinggi.

Sepinya beberapa jalan, terutama tol kadang membuat pemilik mobil ingin memacu kendaraannya secepat mungkin. Perilaku seperti ini yang sebenarnya bisa berbahaya baik bagi pengemudi ataupun pengguna jalan lain.

Sony Susmana, direktur Safety Defensive Consultant (SDCI), mengatakan, selain mengebut di jalan tol, berikut ini beberapa kelakuan pengemudi yang bisa berbahaya bagi pengguna jalan lain.

Baca juga: Lagi, Supercar Kecelakaan di Tol Jagorawi, Bodi Ringsek Parah

Mobil sport McLaren rusak parah setelah mengalami kecelakaan tunggal di Tol Jagorawi, Kota Bogor, Minggu (3/5/2020).Dok. Polresta Bogor Kota Mobil sport McLaren rusak parah setelah mengalami kecelakaan tunggal di Tol Jagorawi, Kota Bogor, Minggu (3/5/2020).

1. Melebihi kecepatan yang sudah ditentukan

Mengemudi di atas batas kecepatan adalah hal yang berbahaya. Risiko kecelakaan akan semakin besar terjadi sejalan dengan semakin tinggi kecepatan kendaraan. Karena pengemudi bisa kesulitan untuk mengontrol laju kendaraannya.

Pengemudi kadang tidak sadar kalau semakin cepat laju kendaraan, semakin besar risiko kecelakaannya,” kata Sony kepada Kompas.com belum lama ini.

2. Mengemudi zig-zag

Masih sering dijumpai pengemudi yang berpindah-pindah jalur, kadang juga kurang memerhatikan mobil di sekitarnya. Hal tersebut tentunya membahayakan untuk pengemudi lain dan dirinya sendiri.

“Hal ini banyak dilakukan pengemudi yang buru-buru sehingga membuat pengemudi lain kagok dan bingung,” kata Sony.

Baca juga: Kronologi Kecelakaan McLaren di Jagorawi Hingga Mobil Hancur

3. Mempertahankan berada di jalur kanan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X