Kompas.com - 04/05/2020, 17:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski sudah menganut sistem injeksi, memanaskan mesin sepeda motor ternyata masih perlu dilakukan. Hal ini diperlukan untuk mengatur sirkulasi oli pada mesin sebelum motor digunakan untuk menempuh perjalanan.

Namun, memanaskan mesin keluaran motor baru dengan yang masih menganut sistem pembakaran karburator sedikit berbeda. Motor yang sudah injeksi tidak perlu terlalu lama saat dipanaskan.

Kepala Bengkel Honda, AHASS Daya Motor Cibinong dan Megamendung, Asep Suherman, membenarkan hal tersebut, memanaskan motor tetap perlu dilakukan. Terutama saat motor baru saja dihidupkan atau saat pagi hari.

Baca juga: Marak Penyelundupan Pemudik, Pemeriksaan Kendaraan Barang Diperketat

“Meski sudah injeksi, memanaskan mesin motor masih perlu dilakukan untuk mengatur sirkulasi oli agar merata,” ujar Asep saat dihubungi Kompas.com.

Hanya saja, untuk motor yang sudah menganut sistem injeksi pemanasan tidak perlu berlama-lama. Cukup antara satu menit sampai dua menit.

Pada motor injeksi, indikator akan menyala dan speedometer akan naik ketika kontak diposisikan on. Dalam posisi ini, sebaiknya jangan langsung menyalakan mesin.Fachri Fachrudin Pada motor injeksi, indikator akan menyala dan speedometer akan naik ketika kontak diposisikan on. Dalam posisi ini, sebaiknya jangan langsung menyalakan mesin.

Asep menambahkan, untuk pemanasan mesin atau menghidupkan mesin pertama kali sebaiknya menggunakan kick starter atau starter engkol. Hal ini karena selama tidak digunakan arus pada baterai berkurang untuk kelistrikan padaa motor.

Baca juga: Berburu Diskon Nmax dan PCX 150 Jelang Lebaran, Tembus Jutaan Rupiah

“Sebaiknya saat mengidupkan motor untuk pertama kali yakni pagi hari, lebih baik menggunakan kick starter jangan langsung menggunakan starter elektrik. Hal ini dilakukan agar kick starter tidak seret,” katanya.

Ketika hendak menyalakan mesin motor sebaiknya tunggu sampai lampu MIL pada panel spedometer mati. Dengan kata lain, jangan langsung menyalakan mesin saat kunci kontak dihidupkan.

“Lampu MIL berfungsi untuk mendeteksi ada tidaknya kerusakan atau permasalahan. Kalau lampu sudah mati berarti semuanya dalam keadaan normal, baru hidupkan mesinnya,” kata Asep.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.