Mobil Jarang Dipakai Harus Tetap Rutin Ganti Oli

Kompas.com - 04/05/2020, 16:20 WIB
Ilustrasi ganti oli atau pelumas mesin mobil http://www.jupitergaragesheffield.co.ukIlustrasi ganti oli atau pelumas mesin mobil
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama masa pandemi Covid-19 dan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), maka masyarakat dilarang melakukan aktivitas di luar rumah. Langkah ini dipercaya dapat memutus mata rantai penyebaran virus Corona di Indonesia.

Kondisi ini tentunya akan membuat kendaraan kesayangan jarang digunakan, hanya menganggur di garasi. Imbasnya jarak tempuh kendaraan juga cenderung lebih kecil dibandingkan mobil yang selalu digunakan.

Saat kondisi seperti ini, kebanyakan pemilik mobil beranggapan bila mobil jarang digunakan otomatis akan membuat umur pakai komponen lebih awet. Salah satunya seperti pergantian oli mesin yang dianggap bisa lebih lama karena jarak tempuh pergantiannya belum tercapai.

Baca juga: Motor Jarang Dipakai Selama PSBB, Masih Perlukah Ganti Oli?

Namun, anggapan tersebut tidak dibenarkan oleh Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, Suparman, menurutnya, oli memiliki masa pakai yang bukan hanya tergantung pada jarak tempuh kendaraan saja, tetapi juga pada waktu pemakaian.

Evalube Helios Platinum Euro IVSTANLY RAVEL Evalube Helios Platinum Euro IV

“Meski jarang digunakan dan angka kilometer belum menunjukan ketentuan untuk mengganti, tapi bila waktunya sudah harus ganti ya tetap diganti. Jadi meski mobil jarang digunakan tapi masa waktu pemakaian komponen sudah habis, harus segera dilakukan pergantian,” Kata Suparman kepada Kompas.com belum lama ini di Jakarta.

Suparman melanjutkan, dari segi ketentuan, pergantian pelumas mesin sebenarnya sudah memiliki aturan. Bila mengambil batasan dari jarak tempuh baiknya dilakukan setiap 10.000 km, sementara untuk kisaran waktu paling telat dilakukan setiap enam bulan sekali.

Layanan Ganti Oli di Rumah

Oli Evalube sudah diuji ketahanan hingga 6.000 km.Donny Apriliananda Oli Evalube sudah diuji ketahanan hingga 6.000 km.

Evalube Lubricants melakukan kerjasama layanan dengan CARFix Indonesia. Program ini, dapat memberikan kemudahan bagi pelanggan dengan dua metode, yaitu penggantian oli di bengkel dan home service.

Pembelian pelumas Evalube untuk mobil dari rumah, dapat melakukan pemesanan online dengan hubungi CarFix terdekat www.carfix.co.id/outlet atau hubungi booking service 085280008300.

"Evalube hadir untuk memberikan pelayanan produk – produk terbaik kami, agar mudah dijangkau oleh masyarakat dalam situasi seperti ini," ucap Commercial Director Evalube Yomie Harlin dalam siaran resmi, Senin (4/5/2020).

Program ini dijalankan di 32 outlet Carfix periode 25 April – 25 Juni 2020, dengan paket service ganti oli (oli filter dan tune up).

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X