Kompas.com - 03/05/2020, 18:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) mencatat penjualan bahan bakar minyak (BBM) di SPBU wilayah DKI Jakarta anjlok hingga 50 persen sejak pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Hal ini sejalan dengan berkurangnya kegiatan masyarakat dan arus lalu lintas di Ibu Kota sejak 10 April lalu. Meski demikian, pihak Pertamina tetap berikan layanan terbaiknya.

"SPBU kita tetap buka, tapi dari sisi penjualan turun jauh," kata Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati dalam video konferensi, Jumat (1/5/2020).

Baca juga: Ratusan Pengguna Kendaraan yang Melanggar PSBB di Jatim Dapat Surat Teguran

Mengisi bensin sesuai dengan spek kendaraan agar mesin tetap awetKompasOtomotif Mengisi bensin sesuai dengan spek kendaraan agar mesin tetap awet

Penurunan permintaan ini disebut terendah sepanjang sejarah, mencapai angka 25 persen dari kondisi normal. Kondisi ini diprediksi bakal terus berlanjut, apalagi ada larangan mudik Lebaran 2020.

Selain Jakarta, kota besar lainnya yang juga mengalami hal serupa ialah Makassar, Surabaya, Medan, serta Bandung. Penurunan penjualan paling dalam terjadi di Bandung mencapai 53 persen.

"Walau begitu, kita coba dorong dengan delivery serivce, dengan ojek online (Ojol) untuk pengiriman BBM kemasan. Gimana kemudian pengisian lebih aman. Ini salah satu alasan kami berikan cashback pada Ojol," lanjut Nicke.

Baca juga: Pertamax Cs Diskon 30 Persen Selama PSBB, Ini Cara Mendapatkannya

Ilustrasi SPBU.KOMPAS.com/Nursita Sari Ilustrasi SPBU.

Pada kesempatan terpisah, VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menyatakan, guna membantu masyarakat yang terdampak pandemi virus corona Pertamina memberikan diskon sebesar 30 persen untuk pembelian Pertamax Cs.

Berlaku hingga 23 Mei 2020, promo ini hanya akan didapat oleh 2.000 konsumen pertama Pertamina setiap harinya.

Caranya, cukup lakukan pembelian BBM secara nontunai dengan menggunakan LinkAja dari aplikasi My Pertamina.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.