Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilihan Baru Helm dari Bahan Serat Karbon

Kompas.com - 03/05/2020, 18:25 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jericho helmet merupakan merek asal Indonesia yang fokus membuat helm dari bahan serat karbon. Desainnya bervariasi mengikuti tren saat ini, baik untuk motor klasik, custom sampai skuter.

Jericho merupakan merek dagang dari PT Jericho Komposit Indonesia. Perusahaan ini awalnya tidak membuat helm, tapi mengerjakan Carbon Fiber Reiforced Plasctic (CFRP) untuk industri.

Baca juga: Selain Pakai Masker, Naik Motor Selama PSBB Juga Wajib Pakai Helm

"Kami memulai aktivitas R&D pada 2012 awalnya mengerjakan CFRP untuk modifikasi otomotif. Sampai pada 2018 kami ingin memiliki produk yang mengekspresikan inti usaha kami, serat karbon, maka diputuskanlah helm serat karbon," tulis Jericho dalam keterangan resmi, Minggu (3/5/2020).

Helm JerichoFoto: Istimewa Helm Jericho

Visi Jericho ialah memproduksi helm karbon yang aman dengan standar SNI, ringan dan kuat, serta yang paling penting ramah kantung. Sebab menjadi rahasia umum, semua yang barbahan dasar karbon biasanya mahal.

Adapun misinya, yaitu memenuhi standarisasi helm yang diakui secara internasional mulai dari SNI, SNELL, DOT dan ECE. 

Baca juga: Cara Mudah Mengeringkan Helm Setelah Kehujanan

Untuk 2020, Jericho merilis beberapa model. Mulai dari FF1400 Retro R, SRT 500R, CF 500R dan TX-Slimhead R. Meski modelnya berbeda-beda kesamaannya ialah semuanya raw finishsed, mempertontonkan bentuk asli serat karbon.

Helm JerichoFoto: Istimewa Helm Jericho

Jericho FF1400 Retro R cocok untuk pengguna style sportser dan street fighter. SRT 500R untuk pengguna cafe racer dan skuter, CF 500R untuk pengguna bobber dan skuter, adapun TX-Slimehead R ialah helm retro klasik cocok buat gaya chopper.

Jericho FF1400 Retro R dibanderol antara Rp 2,3-Rp 2,5 juta. Sedangkan SRT 500R, CF 500R dan TX-Slimhead R dibanderol sekitar Rp 1,7 juta - Rp 2,1 juta tergantung tipe.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com