Belum Turun, Ini Daftar Harga BBM Pertamina, Shell dan Total

Kompas.com - 03/05/2020, 13:59 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga jual bahan bakar minyak (BBM) domestik tak kunjung turun di saat harga minyak dunia tengah mengalami penurunan drastis imbas pandemi virus corona alias Covid-19.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menjelaskan, hal tersebut dikarenakan acuan formulasi harga BBM di dalam negeri menggunakan patokan harga minyak global dua bulan ke belakang, sebagaimana tertuang dalam Keputusan Menteri ESDM Nomor 62.K/12/MEM/2020.

Pada aturan tersebut, disebutkan bahwa perhitungan harga jual eceran BBM umum jenis bensin dan minyak solar yang disalurkan melalui SPBU dan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan, menggunakan acuan rata-rata harga Mean of Platts Singapore (MOPS) atau Argus periode tanggal 25 pada dua bulan sebelumnya sampai dengan tanggal 24 satu bulan sebelumnya.

Baca juga: Toyota Bakal Luncurkan SUV Baru Berbasis Suzuki Vitara Brezza

Mengisi bensin sesuai dengan spek kendaraan agar mesin tetap awetKompasOtomotif Mengisi bensin sesuai dengan spek kendaraan agar mesin tetap awet

Kemudian ada beberapa pertimbangan lainnya seperti penurunan konsumsi BBM dari Pertamina hingga 25 persen secara nasional usai pemberlakuan pembatasan aktivitas warga.

Untuk diketahui, harga minyak dunia mulai memperlihatkan tren penurunan sejak Februari lalu. Penurunan tertajam terjadi pada pertengahan Maret.

Meski belum menurunkan harga BBM, Pertamina selaku BUMN penyedia BBM memberikan cashback 30 persen untuk pembelian Pertamax series bagi 2.000 konsumen setiap harinya.

Adapun promo ini berlaku hingga 23 Mei 2020. Informasi lebih lengkap bisa dilihat di aplikasi My Pertamina.

Baca juga: Pertamax Cs Cashback 30 Persen Selama PSBB, Ini Cara Mendapatkannya

Petugas SPBU Shell mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis Shell V-Power ke mobil BMW 520i Luxury saat acara flag-off dari BMW Driving Experience di SPBU Shell, Jalan Gatot Subroto, Menteng Dalam, Jakarta, Senin (12/3/2018). Program BMW Driving Experience merupakan kegiatan untuk menempuh lima kota besar sejauh 900 kilometer dengan mengendarai BMW Seri 5, salah satunya BMW 520i Luxury yang memiliki mesin 4-silinder BMW TwinPower Turbo serta memakai bahan bakar berkualitas.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Petugas SPBU Shell mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis Shell V-Power ke mobil BMW 520i Luxury saat acara flag-off dari BMW Driving Experience di SPBU Shell, Jalan Gatot Subroto, Menteng Dalam, Jakarta, Senin (12/3/2018). Program BMW Driving Experience merupakan kegiatan untuk menempuh lima kota besar sejauh 900 kilometer dengan mengendarai BMW Seri 5, salah satunya BMW 520i Luxury yang memiliki mesin 4-silinder BMW TwinPower Turbo serta memakai bahan bakar berkualitas.

Berikut daftar harga BBM dari Pertamina, Shell, dan Total pada Mei 2020:

Pertamina:
1 Pertalite Rp 7.650
2 Pertamax Rp 9.000
3 Pertamax Turbo Rp 9.850
4 Bio Solar Rp 9.400
5 Dexlite Rp 9.500
6 Dex Rp 10.200

Total:
Performance 90 Rp 9.075
Performance 92 Rp 9.125
Performance 95 Rp 9.650
Performance Diesel Rp 9.850

Shell:
Reguler Rp 9.075
Super Rp 9.125
V-Power Rp 9.650
Diesel Rp 9.850

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.