Pasang Ban Bias dan Radial pada Kendaraan Niaga, Apakah Aman?

Kompas.com - 01/05/2020, 14:22 WIB
truk bawa kebutuhan pokok Andi RZ Tresia/Tribunnewstruk bawa kebutuhan pokok

JAKARTA, KOMPAS.com – Faktor biaya menjadi sangat penting bagi kendaraan niaga, baik truk atau bus ketika beroperasi. Terkait ban, pemilihan jenis bias dan radial juga berpengaruh.

Tapi, apakah aman kedua jenis ban ini bisa dipasang pada kendaraan niaga yang sama demi berhemat?

Secara umum, ban niaga memiliki dua jenis konstruksi, bias dan radial. Keduanya memiliki poin plus dan minus untuk digunakan pada kendaraan niaga. Lalu bagaimana jika mengombinasikan kedua jenis ban pada satu kendaraan?

Bambang Widjanarko, Wakil ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jawa Tengah dan DI Yogyakarta dan Independent Tire Analyst, mengatakan, bisa saja memasang ban bias dan radial pada satu kendaraan, tapi ada syaratnya.

Baca juga: Viral Foto Toyota Agya Modifikasi Berubah Jadi Morris Mini

Trukotosia.com Truk

Boleh, asalkan beda as roda (axle). Sering dilakukan pada kendaraan niaga, bagian depan pakai ban bias, sedangkan belakang pakai radial,” kata Bambang pada sesi kuliah di akun grup Telegram Indonesia Truckers Club, Rabu (29/4/2020).

Bambang menjelaskan, kedua ban memiliki karakter yang berbeda, sehingga tidak disarankan jika dipasang pada satu axle. Ban radial memiliki karakter yang lentur, sedangkan bias lebih kaku. Selain itu tekanan udaranya juga berbeda, jadi sulit untuk mengontrol jika bannya tidak seragam.

“Ban radial kan defleksi terus alias lentur, sedangkan yang bias kaku. Kalau dipakai pada satu axle, tidak akan seimbang dan bisa pengaruh ke kenyamanan berkendaranya, lalu ban bias akan cepat pecah,” ucap Bambang.

Baca juga: Komentar Pencinta Morris Lihat Agya Diubah Jadi Mini

Untuk kendaraan niaga yang memakai ban bias di bagian depan dan radial di belakang, agar pengemudinya terbiasa. Bambang menambahkan, pengemudi banyak yang belum terbiasa, jadi lebih yakin pakai ban bias.

Ketika ban radial dan bias diisi dengan tekanan udara yang sama, ban radial jauh lebih empuk. Jadi pengemudi kadang mengeluh mual kalau pakai ban radial di posisi depan, lebih enak menggunakan ban bias yang keras.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X