3 Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Beli Mobil Bekas Via Online

Kompas.com - 28/04/2020, 19:23 WIB
Cari pengetahuan sebanyak-banyaknya lewat pengalaman berselancar di dunia maya. Jangan lupa pilih peramban yang tepat agar nyaman saat melakukan perjalanan virtual. ShutterstockCari pengetahuan sebanyak-banyaknya lewat pengalaman berselancar di dunia maya. Jangan lupa pilih peramban yang tepat agar nyaman saat melakukan perjalanan virtual.
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Hampir segala jenis barang dan kebutuhan saat ini bisa didapatkan secara daring. Bahkan pemasaran kendaraan pun kini sudah memanfaatkan saluran online, tak terkecuali mobil bekas.

Bagi Anda yang mengincar mobil bekas secara online, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan agar mendapatkan unit berkondisi baik.

Ali Hanafiah, Co Founder & Director Arista Group, mengatakan, kondisi mobil bekas di pasaran sangat bervariasi. Konsumen harus lebih rajin menggali informasi mobil yang diinginkan sebelum melakukan transaksi.

Baca juga: Akibat Pandemi Corona, Harga Mobil Lelang Jadi Lebih Murah

Suasana pusat penjualan mobil bekas di Jakarta PusatKompas.com/Setyo Adi Suasana pusat penjualan mobil bekas di Jakarta Pusat

Hal pertama yang harus diperhatikan, yaitu pastikan pemilik mobil tidak menutupi informasi-informasi yang Anda butuhkan.

“Kami sendiri tentunya sebagai perusahaan yang punya beberapa brand, kami tetap menjaga kualitasnya dengan tidak menjual mobil di dalam karung. Artinya kami tidak akan menyembunyikan kondisi negatif mobil itu,” ujar Ali, dalam konferensi video (27/4/2020).

“Itu merupakan salah satu jaminan karena kami ingin sekali pelanggan yang membeli mobil bekas di tempat kami, berikutnya akan menjadi pelanggan mobil baru juga dengan kepuasan dan kepercayaannya,” katanya.

Baca juga: Marak Pencurian, Kunci Setang Motor ke Arah Kanan Bisa Cegah Maling?

Ilustrasi tampilan website Arista GroupArista Group Ilustrasi tampilan website Arista Group

Kemudian, Ali menyarankan konsumen untuk melakukan cek fisik, meski kondisi mobil terlihat baik dari hasil penelusuran di internet.

Ia juga menambahkan, jangan ragu untuk menanyakan perihal garansi mobil bekas yang masih aktif. Apa garansi yang diberikan, serta berapa lama durasi garansi yang masih tersisa.

“Beberapa mobil bekas yang kami jual masih bergaransi. Kalaupun tidak ada kami bisa berikan berbagai macam paket, terkait perawatan berkala, yang tentunya akan memberikan ketenanangan bagi konsumen,” ucap Ali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.