Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Beli Mobil Bekas Via Online

Kompas.com - 28/04/2020, 19:23 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Hampir segala jenis barang dan kebutuhan saat ini bisa didapatkan secara daring. Bahkan pemasaran kendaraan pun kini sudah memanfaatkan saluran online, tak terkecuali mobil bekas.

Bagi Anda yang mengincar mobil bekas secara online, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan agar mendapatkan unit berkondisi baik.

Ali Hanafiah, Co Founder & Director Arista Group, mengatakan, kondisi mobil bekas di pasaran sangat bervariasi. Konsumen harus lebih rajin menggali informasi mobil yang diinginkan sebelum melakukan transaksi.

Baca juga: Akibat Pandemi Corona, Harga Mobil Lelang Jadi Lebih Murah

Suasana pusat penjualan mobil bekas di Jakarta PusatKompas.com/Setyo Adi Suasana pusat penjualan mobil bekas di Jakarta Pusat

Hal pertama yang harus diperhatikan, yaitu pastikan pemilik mobil tidak menutupi informasi-informasi yang Anda butuhkan.

“Kami sendiri tentunya sebagai perusahaan yang punya beberapa brand, kami tetap menjaga kualitasnya dengan tidak menjual mobil di dalam karung. Artinya kami tidak akan menyembunyikan kondisi negatif mobil itu,” ujar Ali, dalam konferensi video (27/4/2020).

“Itu merupakan salah satu jaminan karena kami ingin sekali pelanggan yang membeli mobil bekas di tempat kami, berikutnya akan menjadi pelanggan mobil baru juga dengan kepuasan dan kepercayaannya,” katanya.

Baca juga: Marak Pencurian, Kunci Setang Motor ke Arah Kanan Bisa Cegah Maling?

Ilustrasi tampilan website Arista GroupArista Group Ilustrasi tampilan website Arista Group

Kemudian, Ali menyarankan konsumen untuk melakukan cek fisik, meski kondisi mobil terlihat baik dari hasil penelusuran di internet.

Ia juga menambahkan, jangan ragu untuk menanyakan perihal garansi mobil bekas yang masih aktif. Apa garansi yang diberikan, serta berapa lama durasi garansi yang masih tersisa.

“Beberapa mobil bekas yang kami jual masih bergaransi. Kalaupun tidak ada kami bisa berikan berbagai macam paket, terkait perawatan berkala, yang tentunya akan memberikan ketenanangan bagi konsumen,” ucap Ali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com