Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasaki Menolak Meluncurkan Ninja 250 4-Silinder secara Digital

Kompas.com - 22/04/2020, 08:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasaki Motor Indonesia (KMI) memilih memakai cara konvensional untuk meluncurkan ZX-25R alias Ninja 250 4-silinder ketimbang memakai cara virtual atau digital.

Walaupun risikonya ialah peluncurannya bakal molor. Sebab, mau tak mau ketika menghadirkan orang dalam jumlah besar harus menunggu kebijakan pemerintah soal Covid-19 atau virus corona jadi lenggang.

Michael C Tanadhi, Head & Sales Promotion PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI), mengatakan, lauching virtual juga dirasa kurang efektif jika diterapkan untuk peluncuran perdana Ninja 250 4-silinder.

Baca juga: Begini Suara Ninja 250 4-Silinder di Dyno Test

"Kurang. Kalau beberapa merek lain yang saya lihat itu model facelift, di beberapa mobil yang saya lihat. Tapi kalau ini (ZX-25R) betul-betul new model, pasti orang mau lihat dulu. Kalau cuma facelift mungkin kita akan launching virtual atau digital," katanya kepada Kompas.com, Selasa (21/4/2020).

Kawasaki Ninja 4 SilinderKOMPAS.com / Agung Kurniawan Kawasaki Ninja 4 Silinder

Michael mengatakan, launching virtual untuk ZX-25R akan mubazir sebab pembeli di segmen ini ialah orang-orang spesifik, yang pasti ingin melihat unit bahkan merasakan sebelum membeli.

"Bukan sayang (launching virtual) tapi kita lebih lihat konsumennya, mereka (calon konsumen) pasti tidak puas dengan launching seperti itu, mereka pasti ingin lihat motornya," katanya.

Michael mengatakan, jika pun launching virtual, tapi pada ada saja konsumen yang bakal datang ke diler. Sedangkan dalam situasi sekarang bakal percuma, sebab diler di Jakarta tidak buka akibat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Baca juga: Sempat Batal, Kawasaki Susun Rencana Peluncuran Ninja 250 4-Silinder

"Kalau launching virtual gitu tetap saja orang akan berbondong-bondong ke diler, yang mana diler kan juga tidak buka. Kalau lewat online ada beberapa kustomer yang mau lihat unitnya dulu," katanya.

Untuk itu kata Michael, saat ini pihaknya belum bisa memastikan kapan peluncuran ZX-25R bakal dilakukan, semua tergantung pemerintah sampai pandemi ini mereda.

"Kita masih bikin rencana dan fleksibel sesuai kebutuhan. Kita offline memang ada beberapa rencana tapi itu tergantung kebijakan pemerintah. Karena motor ini pasti akan menimbulkan kerumuman massa," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com