Pembangunan Pabrik Hyundai Jalan Terus di Tengah Pandemi Corona

Kompas.com - 19/04/2020, 12:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Di tengah pandemi virus corona atau Covid-19, PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) memutuskan untuk melanjutkan proses pembangunan pabrik manufaktur di Indonesia.

Dalam keterangan resminya, Hyundai mengatakan telah mendapat izin serta persetujuan dari Kementerian Perindustrian terkait hal tersebut.

Meski begitu, aktivitas pembangunan dilakukan secara efektif dan efisien dengan menerapkan prosedur yang sesuai dengan regulasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah paparan Covid-19.

Baca juga: Lalu Lintas Justru Ramai Saat PSBB Jakarta, Ini Penjelasannya

Pabrik Hyundai di Ulsan, Korea Selatanenglish.visitkorea.or.kr Pabrik Hyundai di Ulsan, Korea Selatan

Yoon Seok Choi, Presiden Direktur PT HMMI, mengatakan, meneruskan proses pembangunan pabrik bukanlah keputusan mudah terlebih dalam kondisi seperti sekarang.

“HMMI menghormati keputusan pemerintah dan telah berusaha keras untuk menerapkan aturan physical distancing yang ketat. Kami berharap masa sulit ini akan segera berlalu bagi kita untuk dapat kembali lebih kuat,” ujar Choi, dalam keterangan tertulis (17/4/2020).

Hyundai meyakini proyek ini penting untuk mendorong dan memastikan pertumbuhan eknomi Indonesia untuk terus bergerak.

Baca juga: Deretan Motor Lawas yang Harganya Semakin Mahal

Hyundai New Tucsonistimewa Hyundai New Tucson

Seperti diketahui, sebelumnya Hyundai telah menanamkan investasi di Indonesia senilai 1,55 miliar dolar AS sampai 2030.

Di samping itu, pembangunan pabrik tersebut juga diklaim dapat memberikan kontribusi pada pengembangan ekspor Indonesia dengan menjadi pemasok utama produk Hyundai di kawasan ASEAN lainnya.

“Sekarang, lebih dari sebelumnya, adalah saat yang penting untuk menunjukkan solidaritas kami kepada Indonesia dengan terus mendorong dan mendukung ekonomi Indonesia untuk terus bergerak,” kata Choi.

Baca juga: Selama PSBB, Bayar Pajak Kendaraan Lebih Mudah Lewat Online, Ini Caranya

Hyundai diam-diam menawarkan mobil listrik Ioniq untuk pasar IndonesiaKompas.com Hyundai diam-diam menawarkan mobil listrik Ioniq untuk pasar Indonesia

Sampai saat ini, proses pembangunan pabrik manufaktur mencapai pembersihan lahan dan pekerjaan pemancangan yang telah selesai.

Target berikutnya dari proyek konstruksi pabrik adalah untuk merampungkan penyusunan kerangka baja dan melanjutkan ke langkah pembangunan selanjutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.