Kompas.com - 18/04/2020, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comBus merupakan kendaraan penumpang yang bisa mengangkut belasan sampai puluhan orang sekali angkut. Transportasi umum seperti bus biasanya memiliki pintu darurat yang digunakan dalam kondisi yang mendesak.

Terjebak di bus saat kecelakaan memang bukan situasi yang diinginkan. Namun, jika terjebak, sebaiknya penumpang sudah mengetahui beberapa akses keluar dari kabin bus, selain pintu darurat.

Beberapa akses ini bisa digunakan, jika terpaksa harus segera keluar dalam kondisi darurat.

Werry Yulianto, Export Manager dari Karoseri Laksana, mengatakan, untuk pintu darurat pada bus, memang hanya ada satu, cara kerjanya pun sama dengan pintu pada biasanya.

Baca juga: Di Tengah Pandemi Corona, MPV Murah Diskon Hingga Rp 30 Juta

Pintu darurat busWerry Yulianto Pintu darurat bus

“Fungsi pintunya sama seperti biasa, ada tuas untuk membukanya, hanya saja ada cover penutupnya. Covernya itu yang hanya bisa sekali pakai, jadi kalau dibuka, harus ganti covernya,” kata Werry kepada Kompas.com, Jumat (17/4/2020).

Pintu darurat bus biasanya ada di bagian belakang kanan bus. Selain itu, ada juga akses keluar lain, yaitu melewati jendela atau atap bus.

Setiap bus pasti dilengkapi dengan alat pemecah kaca, lalu kalau di bagian atap berupa tonjolan yang bisa dibuka dari dalam.

Baca juga: Deretan Mobil Bekas Harga Rp 50 Jutaan

“Palu pemecah kaca harus ada di kabin. Memecahkan dengan alat lain memang bisa, tapi lebih mudah gunakan palu karena sesuai peruntukkannya. Kalau jalan keluar yang lewat atap, bisa dibuka dengan kenop dari kabin,” ucap Werry.

Jadi, ketika terjebak di dalam kabin bus, penumpang sudah mengetahui posisi pintu darurat dan akses lain yang bisa dijadikan jalan keluar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.