PSBB, Bengkel Mobil Honda Jabodetabek Menyesuaikan Operasional

Kompas.com - 16/04/2020, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktivitas diler kendaraan bermotor kembali mengalami penyesuaian di tengah pandemi virus corona alias Covid-19 Indonesia.

Kali ini, penyesuaian dilakukan imbas pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah wilayah guna mencegah penyebaran virus corona lebih luas. Diantaranya, DKI Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi.

Seiring dengan situasi yang terus berkembang tersebut, PT Honda Prospect Motor (HPM) menyatakan, sudah melakukan pengurangan kegiatan di diler resmi, baik untuk layanan penjualan maupun purnajual.

Baca juga: PSBB Diperluas, Toyota Tutup Diler di Bogor, Depok, dan Bekasi

Diler Honda Nusantara MT Haryono punya showroom terbesar di Indonesia.STANLY RAVEL Diler Honda Nusantara MT Haryono punya showroom terbesar di Indonesia.

"Namun ada beberapa bengkel di Jabodetabek yang sudah memiliki izin beroperasi (masih buka). Pada dasarnya, tetap standby untuk melayani konsumen yang membutuhkan perawatan atau perbaikan kendaraan termasuk layanan Home Service," ujar Business Inovation and Sales & Marketing Director HPM Yusak Billy saat dihubungi Kompas.com, Rabu (15/4/2020).

Tentunya, lanjut Billy, aktivitas di diler itu dilakukan dengan memperhatikan prosedur kesehatan dan pemerintah setempat. Jumlah karyawan yang bertugas juga tidak banyak seperti biasanya.

"Jumlah karyawan yang berkerja kita minimalisir. Untuk penjualan sendiri dapat dilakukan secara online atau melihat laman resmi Honda Indonesia," katanya.

Adapun pemilik mobil Honda yang sudah masuk masa servis rutin tetapi belum sempat mendatangi diler, Honda Indonesia mempersilahkan untuk memanfaatkan layanan Home Service.

Baca juga: Tutup karena PSBB, Kapan Bengkel Motor di Jakarta, Depok, Bekasi dan Bogor Buka Lagi?

 

HPM memberikan sumbangan pada SMK di Indonesia.Febri Ardani/KompasOtomotif HPM memberikan sumbangan pada SMK di Indonesia.

"Iya, garansi jadi tidak hangus. Lalu, seluruh teknisi kita juga dilengkapi APD ketika memberi layanan Home Service. Jadi tidak perlu khawatir, hubungi saja diler terdekat kami," ujar Billy.

Sebagaimana diketahui, berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19, terdapat sektor usaha dan industri yang diizinkan beroperasi.

Diantaranya, unit produksi komoditas esensial, termasuk obat-obatan, farmasi, perangkat medis atau alat kesehatan, perbekalan kesehatan rumah tangga, bahan baku dan zat antaranya, serta unit produksi yang membutuhkan proses berkelanjutan.

Kemudian, produksi minyak dan gas bumi, batubara dan mineral, manufaktur bahan kemasan untuk makanan, obat-pertanian bahan pokok dan holtikultura, unit produdksi barang ekspor, serta barang pertanian, perkebunan, dan IKM.

Adapun sektor usaha yang dapat izin oeprasi ialah kesehatan, bahan pangan/makanan/minuman, energi, komunikasi dan teknologi informasi, keuangan, logistik, perhotelan, konstruksi, industri strategis, pelayanan dasar utilitas publik dan industri sebagai objek vital tertentu, dan kebutuhan sehari-hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.