Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kupas Eksterior dan Interior Suzuki XL7, Pendatang di Segmen SUV Murah

Kompas.com - 10/04/2020, 15:12 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com – Suzuki Indomobil Sales (SIS) sebagai agen pemegang merek (APM) Suzuki di Indonesia, mulai mencari peruntungan di segmen low sport utility vehicle (LSUV). Model yang ditawarkan yaitu XL7, untuk bersaing langsung dengan Toyota Rush, Daihatsu Terios, hingga Honda BR-V.

Demi memikat perhatian masyarakat Indonesia, berbagai strategi telah disiapkan Suzuki, termasuk dalam hal desain. Konsumen di Tanah Air, cenderung mengutamakan tampilan ketimbang faktor lain.

Meski sekilas, wajah XL7 ini mirip dengan Ertiga, tetapi banyak perbedaannya. Tentunya daya tarik ini untuk memberikan nilai lebih kepada konsumen.

Suzuki XL7KOMPAS.com/Ruly Suzuki XL7

Lantas, bagaimana tampilan eksterior dan interior Suzuki XL7 ini? Tim redaksi KompasOtomotif kembali diberikan kesempatan untuk melakukan sesi test drive.

Eksterior

Suzuki XL7dok. Suzuki Indonesia Suzuki XL7

Bicara tampilan luar, aura petualang sudah terpancar dari XL7 yang muncul dari desainnya yang macho. Paras muka terlihat agresif di mana wujud grill dipadupadankan dengan sentuhan garis menyambung di antara lampu utama.

Sistem pencahayaan sudah dilengkapi dengan LED, sehingga daya sorot saat suasana gelap jadi lebih maksimal.

Kesan macho-nya tidak berhenti sampai disitu saja, bemper depan diberi aksen pelindung di bagian bawah sebagai identitas mobil adventure.

Beralih ke bagian samping, yang paling utama terdapat garis dari ujung pilar A ke B sehingga memberikan kesan sporty.

Suzuki XL7dok. Suzuki Indonesia Suzuki XL7

Ciri khas lain dari penampilan sebuah SUV yang juga disematkan pada XL7 adalah penambahan over fender depan belakang berkelir hitam yang kontras dengan warna body. Plus, penyematan side skirt, roof rail dan spoiler belakang sebagai penyempurna.

Tampak samping dari Suzuki XL7KOMPAS.com/Ruly Tampak samping dari Suzuki XL7

Terakhir bagian belakang, yang sekilas tidak jauh berbeda dengan Ertiga. Pembedanya jelas ada, yaitu dari bemper hingga pintu bagasi belakang dibalut aksen krom dan dibuat lebih gagah.

Interior

Interior Suzuki XL7KOMPAS.com/Ruly Interior Suzuki XL7

Beralih ke kabin, jika dilihat sekilas, mirip dengan Ertiga. Sebagai pembeda Suzuki memberi dominasi kelir hitam pada beberapa aksen. 

Pada doortrim dan dasbor, aksen yang dipakai bukan lagi kayu melainkan motif karbon dengan lapisan plastik. Kemudian, ada sedikit perubahan pada tinggi arm rest, dan kali ini setelannya lebih nyaman.

Suzuki XL7KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Suzuki XL7

Desain dasbor, kisi-kisi AC, hingga jok nampak sama seperti Ertiga Sport. Hanya saja ada perbedaan di tekstur jok yang lebih bermotif sehingga menegaskan nuansa sporty.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com