Tren Bus yang Sedang Digemari, Pakai Dua Kaca Depan

Kompas.com - 08/04/2020, 14:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Tren bus besar dengan model kaca depan ganda/double glass sudah banyak beredar di Indonesia sejak tahun 2015. Bahkan untuk bus sedang/medium bus juga sudah menerapkan tampilan double glass ini.

Tampilan double glass ini memang membuat tampilan bus terlihat lebih tinggi. Selain itu, pada bus tingkat/double decker memang menggunakan double glass karena terbagi menjadi dua dek, atas dan bawah.

Namun jika digunakan pada bus dengan dek tunggal seperti bus besar dan medium bus, penggunaan double glass bisa mengganggu pemandangan ke depan. Hal ini dikarenakan adanya pemisah/bando antara kaca bagian atas dan bawah yang lumayan besar.

Baca juga: Pemerintah Susun Aturan Mudik, Mobil Pribadi Dibatasi Penumpangnnya

Jetbus 3+ SHDKompas.com/Fathan Radityasani Jetbus 3+ SHD

Bando ini bisa menghalangi pemandangan penumpang ke jalanan di depan. Tetapi tren bus dengan double glass ini sudah menjalar di Indonesia. Setiap karoseri mulai membuat produk-produknya dengan model double glass.

Rifandy Adrianto, Staf Marketing karoseri Adi Putro dari Malang, mengatakan, kalau saat ini sudah tidak membuat bodi bus besar dengan kaca tunggal/single glass.

Baca juga: Diskon Mitsubishi Xpander Tembus Rp 20 Juta

“Sudah enggak produksi lagi (bus single glass). Karena sekarang trennya sudah double glass semua. Memang penggunaan bando di bus single deck lumayan menghalangi pemandangan,” ucap Rifandy kepada Kompas.com.

Rifandy juga mengatakan, walau mengganggu pemandangan dari kabin ke depan, karoseri tetap mengikuti kemauan dari pemesan dan tren. Bahkan untuk medium bus yang dimensinya lebih kecil, sudah ada yang model double glass.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.