Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha RX-King Bergaya Cafe Racer Gara-gara Jatuh ke Jurang

Kompas.com - 08/04/2020, 12:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Sulit kalau sudah namanya cinta, apalagi jatuh cinta sama sepeda motor sendiri. Kepuasan yang dirasakan lebih pada nilai sentimentil, termasuk romantisme kejadian tertentu.

Seperti yang dilakukan oleh Ibi terhadap RX-King 1996 kesayangannya. Motornya rusak berat akibat jatuh ke jurang, tapi karena sayang, ketimbang dijual lebih baik dimodifikasi jadi sesuatu yang baru.

Baca juga: Pilih Skutik yang Cocok Buat Bahan Modifikasi Gaya Ruckus

Yamaha RX King Cafe RacerFoto: Wahyu Diwa Yamaha RX King Cafe Racer

Untuk itu motornya diserahkan ke Wahyu Diwa, punggawa builder dari Diwa Creative Studio di bilangan Depok, Jawa Barat. Setelah konsultasi tema yang dipilih ialah cafe racer karena sesuai dengan RX-King.

"Langsung cari referensi, dipilih ubahan cafe racer Eropa dengan tangki panjang yang menjadi khas," kata Diwa panggilannya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Yamaha RX-King Cafe Racer Foto: Wahyu Diwa Yamaha RX-King Cafe Racer

Karena habis jatuh ke jurang, Diwa harus mengembalikan posisi rangka supaya center. Sasis dipress ulang, setelah itu baru kemudian potong beberapa bagian agar mendapat proporsi yang diinginkan.

"Untuk body dan tangki custom yang terbuat dari galvanis. Selesai body maka sektor kaki kaii diubah biar makin kekar," katanya.

Baca juga: Moge Favorit yang Dijadikan Donor Modifikasi Single Arm

Triknya memakai suspensi depan punya Yamaha Byson sedangkan yang belakang dibiarkan punya standar dengan dua shockbreaker. Pelek pakai alumunium lingkay 17 inci dibalut ban Swallow 400/17.

Yamaha RX-King Cafe RacerFoto: Wahyu Diwa Yamaha RX-King Cafe Racer

Untuk finishing bodi dilabur warna hijau permen dari Sikkens. Agar ridak terlalu polos dan punya tekstur sebagai pemanis, ditambahkan dengan teknik manual abstrak menggunakan bantuan kertas.

"Pengerjaan memakan waktu dua bulan, sekarang motor yang hampir menjadi kenangan kini reborn dan akan membuat kenangan baru. King Crimson namanya," kata Diwa.

Spesifikasi:

Ban: Swallow 400/17
Velg: Almunium, depan lebar 2.5 inci dan belakang 3.0 inci
Jari-jari: TDR
Bodi: Custom galvanis
Setang: Custom
Suspensi depan: Yamaha Byson
Suspensi belakang: RX-King
Jok: Diwa custom
Knalpot: Custom

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com