Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengulik Sejarah Panjang Skutik Telanjang Honda Zoomer

Kompas.com - 07/04/2020, 09:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda memiliki sejarah panjang skuter matik (skutik) dengan desain yang sangat berani dan tidak membosankan. Skutik tersebut adalah NPS50.

NPS50 lebih dikenal dengan nama Ruckus atau Zoomer. Tidak ada perbedaan antara Ruckus dengan Zoomer. Ruckus merupakan nama yang digunakan untuk skutik ini ketika dipasarkan di Amerika Utara dan Kanada. Sementara Zoomer, dipakai di Jepang dan Eropa.

Baca juga: Honda Zoomer, Skutik Bertampang Bad Boy

Skutik ini pertama kali meluncur di tahun 2001 di Jepang. Sejak pertama meluncur, desainnya sudah tidak lazim seperti skutik pada umumnya.

Zoomer dibuat telanjang untuk menonjolkan bagian rangka belakang. Selain itu, penggunaan ban yang gambot juga membuat tampilannya semakin unik.

Skutik Honda Ruckus yang juga dikenal dengan nama ZoomerIstimewa Skutik Honda Ruckus yang juga dikenal dengan nama Zoomer

Di 2003, Zoomer dijual di Amerika Utara dan untuk pertama kalinya nama Ruckus menjadi populer. Honda juga memasarkan skutik ini di Eropa pada tahun 2005.

Ada sedikit perbedaan spesifikasi untuk Eropa. Zoomer dibekali dengan empat klep dan sistem pembakaran injeksi.

Tahun 2006, Honda melakukan peningkatan di bagian sistem ventilasi pada mesin Zoomer yang berkapasitas 50 cc tersebut. Mesinnya lebih bertenaga, tapi juga lebih irit konsumsi bahan bakarnya.

Baca juga: Honda BeAT Pop Zoomer Karya Katros Garage

Di 2007, Honda merevisi tampilan Zoomer dengan mengeluarkan Deluxe Edition. Perbedaannya ada di bagian cat, pelek, dan kulit joknya.

Skutik tersebut hanya dijual di Jepang. Namun, Zoomer di Jepang baru dibekali dengan sistem injeksi pada tahun 2008.

Tidak ada ubahan atau penyegaran tampilan hingga pada tahun 2012 Honda mengeluarkan edisi spesial. Zoomer dibekali dengan warna putih dan kulit jok berwarna merah.

Edisi spesial ini untuk memperingati ulang tahun Zoomer yang ke-10.

Hingga sekarang, Zoomer masih tetap diproduksi dan dipasarkan di beberapa negara di Amerika Utara dan Eropa.

Honda Zoomer-X Honda Zoomer-X

Tahun 2013, Honda melahirkan generasi terbaru skutik ini yang diberi nama Zoomer-X. Skutik yang dibekali mesin 110 cc ini diproduksi dan dipasarkan di Thailand.

Meski desainnya masih mirip, tapi Zoomer-X sudah lebih modern dan bodinya tidak sepenuhnya telanjang.

Beberapa fitur menarik yang ada di Zoomer-X, antara lain suspensi depan upside down, speedometer digital, serta sistem pengereman Combi Brake System (CBS).

Bannya sekarang menggunakan ring 12 dan pengeremannya sudah menggunakan rem cakram untuk bagian depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com