Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lawan Covid-19, PO Sumber Alam Lelang Bus Mulai Rp 250 Juta

Kompas.com - 05/04/2020, 11:21 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya artis yang rela melelang mobil untuk melakukan donasi dalam menghadapi pandemi corona (Covid-19) di Indonesia, Perusahan Otobus (PO) juga melakukan hal yang sama.

Salah satunya seperti yang dilakukan PO Sumber Alam dengan melelang satu unit bus Golden Dragon buatan 2012. Bus ini dilelang dengan harga bukaan yang cukup menarik, yakni Rp 250 juta, atau seharga Mitsubishi Xpander Exceed.

Pemilik PO Sumber Alam, Anthony Steven Hambali yang juga pengurus Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI) mengatakan, lelang tersebut ditujukan untuk berdonasi dalam penanganan wabah corona.

Baca juga: Mengapa Atap Bus Ada Tonjolan?

"Start awal Rp 250 juta, kalau laku Rp 250 juta setengahnya untuk donasi penanganan Covid-19, kalau lebih dari Rp 250 juta, lebihnya itu kita sumbangkan. Kami hanya ambil setengahnya saja," ucap Anthony kepada Kompas.com, Sabtu (4/4/2020).

Bus Sumber Alam Golden Dragon dilelang untuk lawan coronaSumber Alam Bus Sumber Alam Golden Dragon dilelang untuk lawan corona

Sekadar informasi, bus Sumber Alam yang akan dilelang merupakan rakitan karosesi Laksana dengan Type SR1 dan dibangun menggunakan Chassis Golden Dragon asal China yang sudah dilengkapi dengan Air Suspension.

Lebih lanjut Anthony mengatakan, latar belakang lelang yang dilakukan sebenarnya tak hanya karena ingin melakukan donasi, namun ada kebutuhan untuk memenuhi pemasukan di tengah di masa yang sedang sulit ini. Terutama bagi para pekerjanya.

Untuk unit Golden Dragon yang akan dilelang, Anthony menjamin bila semua urusan teknis berjalan dengan baik dan terawat. Bahkan bus diklaim masih layak untuk beroperasi dengan status tertib pajak dan suspensi udara yang masih aktif.

Baca juga: Nissan GT-R Kecelakaan di Tol Jagorawi, Jalan Lengang Jangan Ngebut

Proses lelang akan ditutup pada Senin (6/4/2020) pukul 17.00 WIB. Penawaran tertinggi pun akan selaku diumumkan tiap 3 jam di kolom komentara pada akun @omsecond.id.

Bus Sumber Alam Golden Dragon dilelang untuk lawan coronaSumber Alam Bus Sumber Alam Golden Dragon dilelang untuk lawan corona

"Berangkatnya itu karena kami ingi donasi, kami mikir yang kami punya hanya bus, jadi sekaligus untuk mengurangi unit juga. Tak kalah penting kami juga butuh jaring pengaman bagi karyawan, istilahnya kita butuh cash flow," kata Anthony.

Menurut Anthony, dampak corona memang sangat menggangu semua sektor. Pada usaha transportasinya sendiri sangat signifikan mengalami penurunan, apalagi menjelang Lebaran nanti.

Penyaluran donasi menurut Anthony akan dilakukan melalui situs donasi kitabisa setelah proses serah terima pembelian lelang diterima.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com